%0 Thesis %9 Skripsi %A NURMAIKA WIDYATANTY , NIM. 10420066 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14633 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Media Visual Lectora Inspire, Pembelajaran Qawa’id. %T EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN QAWA’ID DENGAN MEDIA VISUAL LECTORA INSPIRE PADA SISWA KELAS VII MTSN DLINGO TAHUN AJARAN 2013/2014 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14633/ %X Nurmaika Widyatanty. Eksperimentasi Pembelajaran Qawa’id Dengan Media Visual Lectora Inspire Pada Siswa Kelas VII MTsN Dlingo TA. 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar qawa’id yang diperoleh dengan menggunakan media visual Lectora Inspire, yaitu pada siswa kelas eksperimen dan mengetahui hasil belajar qawa’id yang diperoleh dengan tidak menggunakan media visual Lectora Inspire yaitu pada siswa kelas kontrol, serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah diberikanya treatment. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji “t”. Dari penelitian yang telah penulis lakukan, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan belajar qawa’id siswa kelompok kontrol (yang tidak menggunakan media visual Lectora Inspire) dan siswa kelompok eksperimen (yang menggunakan media visual Lectora Inspire), terbukti dengan uji “t” pada hasil post-test, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,17, dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,33. %Z Pembimbing : Nurhadi M.A