<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n"^^ . "Cecep Jaenudin, 11420073, “Pengajaran Bahasa Arab di TK Islam\r\nTerpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta (Tinjauan Teori\r\nPerkembangan Kognitif Jean Piaget)”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu\r\nTarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014\r\nDewasa ini ada banyak sekolah – sekolah yang mulai megajarkan bahasa\r\nasing dalam pembelajarannya. Bahkan peserta didik dalam kategori pra sekolahpun\r\nmulai dikenalkan dengan bahasa – bahasa asing tersebut. Orang tua atau guru\r\nmungkin akan senang manakala anaknya mulai mahir dalam menggunakan bahasa\r\nasing. Namun apakah pengajaran bahasa asing pada anak usia pra sekolah sudah\r\nsesuai dengan perkembangan kognitifnya. TK Islam Terpadu Salman Al –Farisi 1\r\nUmbulharjo Yogyakarta merupakan salah satu sekolah swasta yang mulai\r\nmengenalkan bahasa Arab kepada para peserta didiknya.\r\nTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses\r\npengajaran bahasa Arab di TK Islam Terpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo\r\nYogyakarta dan menjelaskan bagaimana pandangan teori perkembangan kognitf\r\nJean Piaget terhadap proses pengajaran tersebut.\r\nPenelitian lapangan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan\r\nstudi kasus di TK Islam Terpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta.\r\nPengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu\r\nobservasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dan subyek\r\npenelitian ini meliputi: kepala sekolah, dewan guru dan peserta didik TK Islam\r\nTerpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta. Analisis data bersifat\r\ndeduktif (memakai teori yang sudah mapan sebagai pisau analisis pada data\r\nlapangan) dan induktif (mengumpulkan data-data di lapangan untuk selanjutnya\r\ndianalisis dan ditarik kesimpulan).\r\nHasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengajaran bahasa Arab di\r\nTK Islam Terpadu salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta sebagian besar\r\nmengacu pada prinsip teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Dalam Teori\r\ntersebut dikatakan bahwa anak pada usia pra sekolah sudah memiliki fungsi\r\nsimbolik dan intuitif yang aktif. Kedua fungsi ini yang dapat membantu peserta\r\ndidik dalam melakukan pemerolehan bahasa kedua. Materi yang disampaikan\r\ndisesuaikan dengan perkembangan kognitif peserta didik. Metode pengajaran\r\nyang dilakukan oleh guru adalah metode yang dapat meningkatkan peran aktif\r\npeserta didik dalam pembelajarannya. Namun para guru harus senantiasa\r\nmelakukan kreasi dalam proses pengajarannya, hal ini guna memupuk minat\r\npeserta didik dalam mempelajari bahasa arab.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-26" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11420073"^^ . "CECEP JAENUDIN "^^ . "NIM. 11420073 CECEP JAENUDIN "^^ . . . . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Text)"^^ . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Text)"^^ . . . "FILE 1_BAG.DEPAN, BAB I, BAB IV, DAPUS, LAMPIRAN_CECEP JAENUDIN_NIM. 11420073.pdf"^^ . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK)\r\nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO\r\nYOGYAKARTA\r\n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14635 \n\nPENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK) \nISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO \nYOGYAKARTA \n(TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .