%0 Thesis %9 Skripsi %A NURHIDAYATI , NIM. 08470098 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14641 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %T KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM MODERN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14641/ %X NURHIDAYATI. Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Sir Sayyid Ahmad Khan dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Modern di Indonesia. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2014. Pendidikan Islam suatu kegiatan yang mengarahkan dengan sengaja perkembangan seseorang sesuai atau sejalan dengan nilai-nilai Islam. Pendidikan Islam di sekolah saat ini, masih belajar dan berkutat seputar doktrin, dan doktrin ini dipahami tanpa adanya pemikiran yang kritis filosofis historis. Pendidikan Islam di sekolah yang diterima secara mentah tanpa adanya internalisasi yang mendalam, sehingga terjadilah minimnya pemahaman secara kontekstual. Kurikulum yang menjadi salah satu hal urgen dalam proses pendidikan masih saja menimbulkan problemproblem yang belum dapat terselesaikan, banyak para pendidik dan praktisi pendidikan saat ini memandang bahwa kurikulum merupakan kumpulan mata pelajaran yang harus disampaikan atau dipelajari oleh siswa. Dari sejarah perkembangan sampai saat ini, kurikulum memiliki pengaruh dalam pola pikir dan sikap peserta didik di seluruh penjuru. Tokoh-tokoh Islam modernis pun mulai mencoba merekontruksi pemahaman kurikulum ke arah modern. Sir Sayyid Ahmad Khan sebagai salah contoh pemikir Muslim India menawarkan sebuah pencerahan untuk kemajuan pendidikan Islam yang modern di bidang kurikulum pendidikan Islam. Ada metode-metode khusus yang dikemukakan beliau yang sangat relevan jika kita terapkan pada pendidikan Islam kita yang masih tertinggal. Mulai dari tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan, dan evaluasi pendidikan. Semua yang dikemukakan secara langsung atau tidak telah membawa perubahan positif bagi kemajuan pendidikan Islam, dan telah menuju ke arah pendidikan Islam yang modern. Penelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif, dengan objek material penelitian adalah kepustakaan dari beberapa karya Sir Sayyid Ahmad Khan, baik itu berupa buku-buku yang telah ia tulis. Proses pengumpulan data dilakukan dengan analisis isi melalui metode dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis isi melalui menunjukkan arti mengungkapkan serta mengatakan esensi dari konsep pemikiran Sir Sayyid Ahmad Khan secara objektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa esensi dari konsep kurikulum beliau mampu menjadi basis pendidikan Islam Modern, dengan formulasi sebagai berikut: pertama, pendidikan ditujukan untuk mengembangkan pemikiran-pemikiran lama bukan sekedar mempertahankan tradisi. Kedua, tidak ada dikotomi dalam materi pendidikan. Ketiga, dalam mendidik anak perlu menggunakan metode pengamatan dan uji coba. Keempat, dalam mengevaluasi tertulis dan praktek. %Z Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M. Si