<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n"^^ . "NURHIDAYATI. Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Sir\r\nSayyid Ahmad Khan dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam\r\nModern di Indonesia. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas\r\nIlmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga\r\n2014.\r\nPendidikan Islam suatu kegiatan yang mengarahkan dengan\r\nsengaja perkembangan seseorang sesuai atau sejalan dengan nilai-nilai\r\nIslam. Pendidikan Islam di sekolah saat ini, masih belajar dan berkutat\r\nseputar doktrin, dan doktrin ini dipahami tanpa adanya pemikiran yang\r\nkritis filosofis historis. Pendidikan Islam di sekolah yang diterima secara\r\nmentah tanpa adanya internalisasi yang mendalam, sehingga terjadilah\r\nminimnya pemahaman secara kontekstual. Kurikulum yang menjadi salah\r\nsatu hal urgen dalam proses pendidikan masih saja menimbulkan problemproblem\r\nyang belum dapat terselesaikan, banyak para pendidik dan\r\npraktisi pendidikan saat ini memandang bahwa kurikulum merupakan\r\nkumpulan mata pelajaran yang harus disampaikan atau dipelajari oleh\r\nsiswa. Dari sejarah perkembangan sampai saat ini, kurikulum memiliki\r\npengaruh dalam pola pikir dan sikap peserta didik di seluruh penjuru.\r\nTokoh-tokoh Islam modernis pun mulai mencoba merekontruksi\r\npemahaman kurikulum ke arah modern.\r\nSir Sayyid Ahmad Khan sebagai salah contoh pemikir Muslim\r\nIndia menawarkan sebuah pencerahan untuk kemajuan pendidikan Islam\r\nyang modern di bidang kurikulum pendidikan Islam. Ada metode-metode\r\nkhusus yang dikemukakan beliau yang sangat relevan jika kita terapkan\r\npada pendidikan Islam kita yang masih tertinggal. Mulai dari tujuan\r\npendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan, dan evaluasi\r\npendidikan. Semua yang dikemukakan secara langsung atau tidak telah\r\nmembawa perubahan positif bagi kemajuan pendidikan Islam, dan telah\r\nmenuju ke arah pendidikan Islam yang modern.\r\nPenelitian ini juga merupakan penelitian kualitatif, dengan objek\r\nmaterial penelitian adalah kepustakaan dari beberapa karya Sir Sayyid\r\nAhmad Khan, baik itu berupa buku-buku yang telah ia tulis. Proses\r\npengumpulan data dilakukan dengan analisis isi melalui metode\r\ndokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis isi melalui\r\nmenunjukkan arti mengungkapkan serta mengatakan esensi dari konsep\r\npemikiran Sir Sayyid Ahmad Khan secara objektif.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa esensi dari\r\nkonsep kurikulum beliau mampu menjadi basis pendidikan Islam Modern,\r\ndengan formulasi sebagai berikut: pertama, pendidikan ditujukan untuk\r\nmengembangkan pemikiran-pemikiran lama bukan sekedar\r\nmempertahankan tradisi. Kedua, tidak ada dikotomi dalam materi\r\npendidikan. Ketiga, dalam mendidik anak perlu menggunakan metode\r\npengamatan dan uji coba. Keempat, dalam mengevaluasi tertulis dan\r\npraktek.\r\n\r\n"^^ . "2014-08-29" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08470098"^^ . "NURHIDAYATI "^^ . "NIM. 08470098 NURHIDAYATI "^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Text)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Text)"^^ . . . "08470098_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM\r\nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM\r\nMODERN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14641 \n\nKURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM \nPERSPEKTIF SIR SAYYID AHMAD KHAN \nDAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM \nMODERN \n\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .