TY - THES N1 - Pembimbing : Muh. Agus Nuryatno, Ph. D ID - digilib14642 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14642/ A1 - TAUFIQ SAIFUDDIN , NIM. 07470056 Y1 - 2014/08/29/ N2 - TAUFIQ SAIFUDDIN. Rasionalitas dan Modernitas Jurgen Habermas (Kritik atas Positivisme Pendidikan Islam). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Positivisme telah menjadi isu yang telah menuai persoalan di dunia moderen. Salah satu tokoh yang mengungkapkan bagaimana kritik atas faham tersebut adalah Jurgen Habermas. Corak positifistik dalam pendidikan Islam disatu sisi, menolak dasar pendidikan Islam yang berangkat dari aspek normatif dan historis. Kritik bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya terjadi dan ada pada peserta didik, bukan hanya melihat apa yang melekap padanya. Jenis penelitian ini merupakan suatu penelitian literature atau studi pustaka. Biasa kita kenal dengan library research. Dalam tingkatan penjelasannya, penelitian ini bersifat deskriptif karena penelitian ini adalah penelitian studi pustaka. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Selanjutnya data tersebut Penulis analisis dengan menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana rasionalitas mengarah pada pengembangan ?tindakan komunikatif? khususnya didalam praktek pendidikan Islam. Prinsipnya terletak pada bagaimana etika diskursus pembelajaran, mampu dibangun di atas klaim kebenaran dan ketepatan. Selanjutnya melalui modernitas peneliti memberikan gambaran bagaimana semangat ?ruang publik?, sehingga dalam ruang publik pendidikan Islam terbangun apa yang disebut dunia kehidupan dan sistem. Dunia kehidupan mengehendaki adanya hubungan integral antara kepentingan pengetahuan terhadap sistem yang berada di luar pendidikan Islam. Kritik selalu mendasarkan dirinya pada kebaruan, sehingga tidak tepat jika melakukan kritik terhadap aspek positivisme dalam pendidikan Islam adalah mencari kesalahan. Dalam perspektif ini, kritik digunakan untuk menolak argumen dasar positivisme yang ingin menyatukan ragam metode keilmuan kedalam satu pendekatan. Sehingga kritik mengarah pada apa yang seharusnya terjadi, dan tidak hanya melihat apa yang terjadi. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Rasonalitas KW - Modernitas KW - Jurgen Habermas KW - Kritik KW - Positivisme dan Pendidikan Islam. M1 - skripsi TI - RASIONALITAS DAN MODERNITAS JÜRGEN HABERRMAS (KRITIK ATAS POSITIVISME PENDIDIKAN ISLAM) AV - restricted ER -