@phdthesis{digilib14648, month = {August}, title = {NILAI PERJUANGAN KEMERDEKAAN DALAM FILM ?SANG KYAI? (SEBUAH ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)}, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 07210028 WAWAN SUPRIYANTO}, year = {2014}, note = {Pembimbing : Mohammad Zamroni, S.Sos.I., M.Si.}, keywords = {Kata Kunci : Semiotika Roland Barthes, Film Sang Kiai, Nilai Perjuangan Kemerdekaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14648/}, abstract = {Upaya untuk merekonstruksi wajah Islam melalui media per-film-an juga muncul dari belahan dunia lain, dari India misalnya pada tahun 2010 muncul My Name is Khan yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Media per-film-an Pakistan juga menampilkan film In The Name of God sebagai jawaban Islamophobia yang ditampilkan oleh media massa barat. Bahkan, baru-baru ini muncul film yang mengisahkan mengenai perjuangan islam dengan mengambil plot bertemakan tokoh masyarakat Indonesia. Yakni, Film ?Sang Kyai? yang disutradarai oleh Rako Prijanto, dan diproduksi oleh Rapi Film ini mengisahkan mengenai ?Ulama Kharismatik pendiri Nahdlatul ?Ulama K.H Hasyim Asy?ari, film ?Sang Kyai? sendiri baru dirilis pada pertengahan Mei tahun 2013. Untuk mengetahui berbagai kumpulan tanda yang ditampilkan dalam film ?Sang Kyai? salah satunya dengan menggunakan pendekatan analisis Semiotika, dari sekian banyak analisa semiotika peneliti memilih model analisa Roland Barthes, dikarenakan model ini meneguhkan mengenai keberadaan tanda-tanda yang dapat diolah menjadi teks tidak terbatas hanya pada linguistik saja, teks juga dapat ditemukan dalam semua objek kultural yang terkodifikasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Nilai Perjuangan Kemerdekaan Islam dalam film Sang Kyai ? serta bertujuan untuk mengetahui nilai Perjuangan Kemerdekaan Islam dalam film Sang Kyai. Jenis penelitian yang berada dalam penelitian ini adalah analisis isi kritis kualitatif dengan model semiotika Roland Barthes. Adapun Subjek dari penelitian ini adalah film ?Sang Kyai?. Sedangkan Objek penelitian adalah nilai perjuangan Islam yang direpresentasikan oleh aktor utama K.H Hasyim Asy?ari dalam film ?Sang Kyai?. Berdasarkan pada analisis penulis menggunakan pendekatan teori Semiotika Roland Barthes, disimpulkan bahwa nilai perjuangan kemerdekaan berdasarkan analisis semiotika Ferdinand de Sausure, didasarkan pada penanda dan petanda yang terdapat pada beberapa adegan (scene) baik secara tanda verbal maupun non-verbal (visual), antara lain penggunaan visualisasi sosok KH. Hasyim Asy?ari dengan perjuangan hidupnya pada tanda verbal ?Dengan membantu para petani, kita bisa merasakan jerih payah mereka?.dengan begitu kita bisa menghargai nasi yang kita makan? menjadi petanda bahwa KH. Hasyim Asy?ari sejak dini memupuk jiwa solidaritas sosial kepada rakyat dari berbagai kalangan dan status sosial maupun ekonomi. Simbolisasi ?nasi? menandakan bahwa KH. Hasyim Asy?ari ingin mengajak santrinya Harun untuk menghormati kerja keras penuh peluh keringat para petani agar beras dapat di konsumsi oleh masyarakat. Secara sederhana ungkapan KH. Hasyim Asy?ari menerangkan pentingnya solidaritas sosial. Pada konteks kekinian pesan untuk menjaga dan merawat solidaritas sosial memperoleh pembenarannya, disebabkan kita masyarakat mulai berada pada kondisi individualistik (opurtunis), sehingga rawan terjadi konflik bernuansa sektoral.} }