%0 Thesis %9 Skripsi %A YANUAR MUBAROK , NIM. 09390022 %B FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM %D 2014 %F digilib:14651 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Pelayanan, Nisbah Bagi Hasil, Kualitas Produk, Empati, Fasilitas, Kepuasan Anggota. %T PENGARUH PELAYANAN, NISBAH BAGI HASIL, KUALITAS PRODUK, EMPATI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DALAM MENYIMPAN DANA DI BMT (STUDI PADA ANGGOTA PENYIMPAN DANA DI KJKS BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14651/ %X Memberikan kepuasan kepada anggota BMT adalah salah satu strategi yang bisa digunakan untuk mempertahankan anggota lama dan menarik anggota baru. Beberapa cara untuk memberikan kepuasan kepada anggota antara lain dengan memberikan pelayanan yang baik, nisbah bagi hasil yang sesuai, kualitas produk yang tinggi, empati yang baik, serta fasilitas yang menarik. Untuk mengetahui pengaruh pelayanan, nisbah bagi hasil, kualitas produk, empati, serta fasilitas terhadap kepuasan guna menjadi bahan evaluasi, maka dibutuhkan sebuah penelitian tentang persepsi anggota terhadap pelayanan, nisbah bagi hasil, kualitas produk, empati, serta fasilitas dan pengaruhnya terhadap kepuasan anggota. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan, nisbah bagi hasil, kualitas produk, empati, serta fasilitas terhadap kepuasan anggota. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data deskriptif dan kuantitatif dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel pelayanan, nisbah bagi hasil, kualitas produk, empati, serta fasilitas berpengaruh positif signifikan pada alpha 5% terhadap kepuasan anggota. Besarnya pengaruh yang bisa dijelaskan oleh seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 56,7%. Secara parsial, variabel pelayanan, nisbah bagi hasil, dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan pada alpha 5% terhadap kepuasan anggota. Sedangkan variabel fasilitas, dan empati tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota. %Z Pembimbing : Dra. Hj. Widyarini, M.M.