relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1466/ title: EFEKTIVITAS METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I GODEAN creator: OBAN SHOBARI - NIM. 03420264, subject: Pendidikan Bahasa Arab description: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar di MTsN I Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik, yaitu: teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentsi, teknik angket dan tes. Analisis data menggunakan dua metode analisis yaitu metode analisis kualitatif atau deskripsi yang berdasarkan dari jawaban responden yang dimaksud untuk mendukung hasil analisis kuantitatif, dan metode analisis kuantitatif merupakan analisis statistik sistematis yang dipergunakan untuk menyajikan kebenaran hipotesis dalam penelitian ini dan alat analisis yang dipergunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab di MTsN I Godean adalah metode ceramah plus yang tediri dari metode ceramah, metode Tanya jawab, dan metode latihan/tugas, (2) metode tersebut digunakan di setiap sub materi bahasa Arab baik hiwar, qiro'ah, tarkib maupun tamrinat. (3) metode pengajaran memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa bahasa Arab di MTsN I Godean, dengan koefisien harga F regresi sederhana sebesar 4,198 yang lebih besar daripada harga F regresi pada tabel dengan derajat kebebasan (db) 1 dan 69 pada taraf signifikansi 5% adalah 4,00, implementasi metode pengajaran memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa bahasa Arab di MTsN I Godean, dengan koefisien harga F regresi sederhana sebesar 7,559 yang lebih besar daripada harga F regresi pada tabel dengan derajat kebebasan (db) 1 dan 69 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 4,00, metode pengajaran dan implementsinya secara bersama-sama memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa bahasa Arab MTsN I Godean, dengan koefisien harga F regresi ganda sebesar 3,807 yang lebih besar daripada harga F regresi pada tabel dengan derajat kebebasan (db) 2 dan 68 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 3,15, dan besarnya sumbangan relatif dalam persen (SR%) masing-masing variable bebas adalah 7,451% untuk metode pengajaran dan 92,549% untuk implementasi metode pengajaran. Sedangkan besarnya sumbangan efektif kedua variable bebas adalah sebesar 10,070%, yang artinya masih ada sebanyak 89, 93% variable lain yang mempengaruhi prestasi belajar bahasa Arab yang belum diteliti dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan dari hasil analisis di atas bahwa penggunaan metode pengajaran yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab tidak efektif dengan melihat hasil hitung korelasi dengan cara uji bersama (regresi ganda) sebesar 0,314. date: 2008-07-29 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1466/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1466/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf identifier: OBAN SHOBARI - NIM. 03420264, (2008) EFEKTIVITAS METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I GODEAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.