eprintid: 14683
rev_number: 31
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/46/83
datestamp: 2014-11-27 01:28:43
lastmod: 2016-01-08 03:21:49
status_changed: 2014-11-27 01:28:43
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: KARLITA DARMASTUTI , NIM.  08730042
title: PENGARUH IKLAN DALAM SOCIAL MEDIA
TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
KONSUMEN
(SURVEY PADA FOLLOWER @CHACHAMILKTEA DI YOGYAKARTA)

ispublished: pub
subjects: I
divisions: jur_ikom
full_text_status: restricted
keywords: Keyword: Twitter @ChaChaMilkTea, keputusan pembelian, Teori S-O-R
note: Pembimbing :  Yani Tri Wijayanti, S.Sos., M.Si


abstract: Perkembangan marketing dalam ilmu komunikasi, Integrated Marketing
Communication yaitu; advertising, public relations, personal selling, promotion
dan direct marketing kini mulai berkembang melalui website dan jejaring sosial
yang sering disebut social media. Twitter adalah salah satu jenis social media
yang paling marak di Indonesia. Alasannya karena Twitter itu mudah, efisien,
simple dengan 140 karakter, dan up to date.
Banyak perusahaan melirik social media ini karena kemudahan dan
keunggulan yang diberikan. Salah satunya adalah perusahaan minuman milk-tea
terbesar yang berada di Yogyakarta, Cha Cha Milk Tea. Cha Cha Milk Tea berdiri
bulan November 2011 dan akunnya aktif di Twitter sejak Mei 2012. Penelitian ini
membahas mengenai “Pengaruh Iklan dalam Social Media Terhadap Proses
Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen (Survey pada Follower
@ChaChaMilkTea di Yogyakarta).
Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Variabel independent
penelitian ini adalah iklan dalam tweets @ChaChaMilkTea, sedangkan variabel
dependennya adalah pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini
menggunakan teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response), dengan iklan dalam
tweets @ChaChaMilkTea sebagai Stimulus, followers sebagai Organism, dan
keputusan pembelian konsumen sebagai Response.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai korelasi kedua variabel adalah 0, 498.
Nilai tersebut menunjukkan bahwa ada korelasi atau hubungan antara iklan dalam
tweets @ChaChaMilkTea (variabel X) dengan keputusan pembelian konsumen
(variabel Y). Sedangkan nilai R square atau koefisien determinasi pada penelitian
ini adalah 0,248. Angka tersebut menunjukkan bahwa iklan dalam tweets
@ChaChaMilkTea hanya berpengaruh sebesar 24,8% terhadap keputusan
pembelian konsumen. Sementara sisanya, yaitu 75,2% dipengaruhi oleh banyak
faktor yang lain.

date: 2014-08-26
date_type: published
institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   KARLITA DARMASTUTI , NIM. 08730042  (2014) PENGARUH IKLAN DALAM SOCIAL MEDIA TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (SURVEY PADA FOLLOWER @CHACHAMILKTEA DI YOGYAKARTA).  Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14683/2/08730042_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14683/1/08730042_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf