%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD IBNU RUSYDI , NIM.10660016 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2014 %F digilib:14744 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Keyword: Service Quality(Servqual), Kepuasan Pelanggan, Rumah Makan %T PENGUKURAN KUALITAS DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA RM. AYAM PENYET SURABAYA JL. AFFANDI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14744/ %X Kepuasan pelayanan merupakan salah satu kunci memenangkan hati pelanggan untuk kunci sukses perusahaan. Salah satu metode yang digunakan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya Jalan Affandi Yogyakarta adalah dengan menggunakan instrument service quality (Servqual). Instrumen service quality (Servqual) digunakan untuk mengetahui kesenjangan (gap) antara persepsi pelanggan dengan harapan atau ekspektasi pelanggan dengan cara memetakan ke dalam dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible. Dalam penelitian ini data yang didapat dianalisi dengan menggunakan analisis kepentingan kinerja (important performance analysis) dan diagram tualang ikan (diagram fishbone). Berdasarkan hasil analisis terdapat satu atribut yang belum mampu memenuhi harapan pelanggan dan perlu dilakukan perbaikan yaitu karyawan rumah makan memiliki pengetahuan untuk menjawab pertanyaan pelanggan mengenai menu di rumah makan tersebut. %Z Pembimbing : Kifayah Amar,Ph.D