<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh penggunaan strategi\r\nPDEODE dibandingkan dengan strategi SGD pada pembelajaran IPA Terpadu\r\ntipe webbed dengan tema “Cahaya Dalam Kehidupan” terhadap kemampuan\r\nberpikir kritis; 2) Pengaruh motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan\r\nstrategi PDEODE dibandingkan dengan kelas yang menggunakan SGD terhadap\r\nkemampuan berpikir kritis.\r\nJenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent\r\npretest-posttest design, dengan variabel bebas berupa strategi\r\npembelajaran PDEODE dan SGD, variabel moderatornya adalah tingkat motivasi\r\nbelajar tinggi dan tingkat motivasi belajar rendah, serta variabel bebas penelitian\r\nadalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh\r\nkelas VIII MTsN Yogyakarta II tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari tujuh\r\nkelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random\r\nsampling yakni melalui undian, sehingga terpilih kelas VIII C sebagai kelas\r\neksperimen I yang menerapkan strategi pembelajaran PDEODE dan kelas VIII B\r\nsebagai kelas eksperimen II yang menerapkan strategi pembelajaran SGD. Teknik\r\npengambilan data menggunakan tes dan nontes (angket). Instrumen pengambilan\r\ndata yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest kemampuan berpikir\r\nkritis dan lembar angket motivasi belajar. Instrumen pembelajaran yang disusun\r\nmeliputi silabus, RPP, dan LKS. Teknik analisis data soal pretest-posttest\r\nmenggunakan statistik inferensial ANAVA dua jalur dengan sel tak sama dan\r\ntanpa interaksi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi PDEODE dan SGD\r\nberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai Fhitung adalah 9,67\r\nlebih besar daripada Ftabel (2-tailed) yaitu 3,89. Rata-rata kemampuan berpikir\r\nkritis siswa di kelas yang menggunakan strategi SGD (137,31) lebih tinggi\r\ndaripada siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE (117,85); 2)\r\nMotivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE dan SGD\r\nberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai Fhitung adalah 10,62\r\nlebih besar daripada Ftabel (2-tailed) yaitu 3,89. Baik di kelas yang menggunakan\r\nstrategi PDEODE maupun strategi SGD, rata-rata kemampuan berpikir kritis\r\nsiswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi (137,78) lebih tinggi daripada\r\nsiswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (117,78).\r\n"^^ . "2014-10-23" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10690024"^^ . "LILIS CHOLISOH "^^ . "NIM. 10690024 LILIS CHOLISOH "^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Text)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Text)"^^ . . . "10690024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI\r\nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE)\r\nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #14757 \n\nPENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI \nPREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) \nDAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR \nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .