eprintid: 14757 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/47/57 datestamp: 2014-12-01 06:48:07 lastmod: 2016-02-15 02:10:36 status_changed: 2014-12-01 06:48:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LILIS CHOLISOH , NIM. 10690024 title: PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed, Strategi PDEODE, Strategi SGD, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis. note: Pembimbing : Siti Fatimah, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh penggunaan strategi PDEODE dibandingkan dengan strategi SGD pada pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed dengan tema “Cahaya Dalam Kehidupan” terhadap kemampuan berpikir kritis; 2) Pengaruh motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE dibandingkan dengan kelas yang menggunakan SGD terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posttest design, dengan variabel bebas berupa strategi pembelajaran PDEODE dan SGD, variabel moderatornya adalah tingkat motivasi belajar tinggi dan tingkat motivasi belajar rendah, serta variabel bebas penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN Yogyakarta II tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling yakni melalui undian, sehingga terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen I yang menerapkan strategi pembelajaran PDEODE dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan strategi pembelajaran SGD. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan nontes (angket). Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest kemampuan berpikir kritis dan lembar angket motivasi belajar. Instrumen pembelajaran yang disusun meliputi silabus, RPP, dan LKS. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik inferensial ANAVA dua jalur dengan sel tak sama dan tanpa interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi PDEODE dan SGD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai Fhitung adalah 9,67 lebih besar daripada Ftabel (2-tailed) yaitu 3,89. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang menggunakan strategi SGD (137,31) lebih tinggi daripada siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE (117,85); 2) Motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE dan SGD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai Fhitung adalah 10,62 lebih besar daripada Ftabel (2-tailed) yaitu 3,89. Baik di kelas yang menggunakan strategi PDEODE maupun strategi SGD, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi (137,78) lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (117,78). date: 2014-10-23 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LILIS CHOLISOH , NIM. 10690024 (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14757/2/10690024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka%281%29.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14757/1/10690024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf