TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Usman, SS, M.Ag ID - digilib14759 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14759/ A1 - ILHAM , NIM. 07410281 Y1 - 2014/10/23/ N2 - ILHAM. Skripsi ini berjudul ?Pembinaan Mental Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam (Studi Pemikiran Zakiah Daradjat)?. Latar belakang penulisan skripsi ini adalah dunia pendidikan yang lebih memperhatikan aspek kognitif sehingga aspek yang sama penting perkembang mental peserta didik terbengkalai. Padahal pembinaan mental tidak kalah pentingnya dalam menunjang keberhasilan sebuah pendidikan. Penelitian ini mengangkat pemikiran Zakiah Daradjat tentang pembinaan mental peserta didik melalui melalui PAI. Rumusan masalah penelitian dalam skripsi ini adalah. bagaimana pembinanaan mental peserta didik melalui PAI menurut pemikiran Zakiah Daradjat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pokok-pokok pikiran Zakiah Daradjat tentang pendidikan Islam, 2) pokok-pokok pikiran Zakiah sangaDaradjat tentang pembinaan mental, 3) keterkaitan pendidikan Islam dengan pembinaan mental. Penelitian yang menggunakan metode kepustakaan (Library Research). Data dikumpulkan dari buku-buku karya Zakiah Darajat dan buku-buku lain yang relevan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pokok-pokok pikiran Zakiah Daradjat tentang pendidikan Islam dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) pendidikan Islam dimulai sejak dini di dalam keluarga sehingga peran orang tua sangat dominan dalam membentuk akhlaq anak didik. 2) Orang tua di dalam keluarga tidak sepenuhnya dapat memberikan pendidikan agama karena tidak semua orang tua memiliki bekal agama yang memadai. 3) Pendidikan Islam harus dijalankan di sekolah-sekolah atau madrasah sebagai lembaga yang secara profesional berfungsi memberikan pendidikan. 4) Keluarga dan sekolah atau madrasah tidak cukup dapat memberikan pendidikan Islam karena anak didik berada di tengah masyarakat dan menjadi bagian dari masyarakat, karena itu masyarakat juga harus ikut mengambil bagian dalam proses pendidikan. Pokokpokok pikiran Zakiah Daradjat tentang pembinaan mental dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) pembinaan mental harus dilakukan di dalam keluarga. 2) tanda atau gejala mental yang kurang sehat perlu dikenali agar pembinaan mental dapat berlangsung dengan menggunakan pendekatan yang sesuai. Tanda mental yang sehat di antaranya yaitu merasa disayangi, merasa aman, merasa dihargai, dan merasa sukses. Pembinaan mental membutuhkan adanya proses pendidikan, pembinaan moral, dan pembinaan jiwa taqwa. Keterkaitan pendidikan Islam dengan pembinaan mental ditunjukkan dengan pentingnya proses pendidikan di dalam keluarga, di sekolah dan di masyarakat dalam membina mental. Pembinaan mental peserta didik melalui pendidikan agama Islam menurut pemikiran Zakiah Daradjat sangat tepat karena pembinaan mental membutuhkan pembinaan moral dan juga pembinaan jiwa taqwa. Pendidikan agama Islam banyak membekali siswa dengan pembinaan moral dan pembinaan jiwa taqwa. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: Pembinaan Mental KW - Pendidikan Islam M1 - skripsi TI - PEMBINAAN MENTAL PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PEMIKIRAN ZAKIAH DARADJAT ) AV - restricted ER -