eprintid: 14763 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/47/63 datestamp: 2014-12-01 07:30:26 lastmod: 2014-12-01 07:30:26 status_changed: 2014-12-01 07:30:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NAILIR RAHMAWATI SYAHIDAH , NIM. 09410014 title: PEMBELAJARAN KITAB TAFSIR AL-QUR’AN AL-IBRIZ PADA ORANG LANJUT USIA DI PONDOK SEPUH MASJID AGUNG PAYAMAN MAGELANG ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Prof. Dr. Maragustam Siregar M.A abstract: NAILIR RAHMAWATI SYAHIDAH. Pembelajaran Kitab Tafsir Al- Qur’an Al-Ibriz pada Orang Lanjut Usia di Pondok Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pada saat ini tidak sedikit orang lanjut usia yang meningkatkan ibadahnya pada Tuhan dengan berada di pondok. Walapun mereka sudah tua, kemampuan fisik dan kognitifnya melemah tetapi mereka tetap mau mengaji. Dan Pondok Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang merupakan wadah satu-satunya yang berada di Jawa Tengah untuk mengembangkan dan membimbing lanjut usia dalam keagamaan, pembelajaran al-Qur’an, dan pembelajaran kitab tafsir al-Qur’an al- Ibriz khususnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab tafsir al-Qur’an al-Ibriz bagi orang lanjut usia serta apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab tafsir al-Qur’an al-Ibriz. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran kitab tafsir al-Qur’an al-Ibriz di Pondok Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif,yang mengambil latar Pondok Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data-data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Proses pelaksanaan pembelajaran kitab tafsir al-Qur’an al-Ibriz yang meliputi: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pengajian kitab tafsir al-Ibriz, pendidik, peserta didik, metode mengajar, dan evaluasi hasil belajar. (2). Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran kitab tafsir al-Qur’an al-Ibriz bagi orang lanjut usia. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori SWOT untuk menjawabnya. Adapun yang termasuk faktor kekuatan (strenght) adalah latar belakang pendidikan santri yang bagus, bertambahnya minat santri lanjut usia terhadap keagamaan, dan adanya dukungan dari pihak keluarga. Sedangkan yang termasuk faktor kelemahan (weaknesses) adalah kurangnya tenaga pendidik, umur santri yang telah lanjut usia dan kesehatan santri yang semakin menurun. Yang termasuk faktor peluang (opportunities) adalah lingkungan yang kondusif serta adanya interaksi antara guru dan santri. Sedangkan yang termasuk faktor ancaman (threats) adalah perkembangan teknologi yang semakin maju. date: 2014-10-23 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: NAILIR RAHMAWATI SYAHIDAH , NIM. 09410014 (2014) PEMBELAJARAN KITAB TAFSIR AL-QUR’AN AL-IBRIZ PADA ORANG LANJUT USIA DI PONDOK SEPUH MASJID AGUNG PAYAMAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/2/09410014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/1/09410014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14763/22/small.jpg