TY - THES N1 - Pembimbing : Munawwar Khalil, S.S., M. Ag. ID - digilib14768 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14768/ A1 - SHOLIHUL AFFANDI , NIM. 10410081 Y1 - 2014/10/23/ N2 - SHOLIHUL AFFANDI. Upaya Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya kesadaran akan pentingnya kreativitas bagi siswa dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada pada era globalisasi. Kemudian guru sebagai agent of change merupakan seseorang yang sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Melihat peran guru yang begitu penting maka akan sangat menarik jika diteliti bagaimana upaya yang telah dilakukannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Upaya Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Metode Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI MAN Wates 1 Kulon Progo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung (observasi) dengan data hasil wawancara dan hasil yang berkaitan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu dengan menerapkan metode diskusi kelompok dalam pembelajarannya. Dengan menggunakan metode diskusi kemampuan berpikir kreatif siswa cukup meningkat dimana dengan metode tersebut banyak siswa yang mampu mengembangkan pengetahuannya. Adanya beberapa siswa yang tidak menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatifnya membuat guru harus lebih memperhatikan lagi tingkat keaktivan siswa ketika proses diskusi. (2) Faktor-faktor keberhasilan metode diskusi dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA meliputi: a. Faktor pendukung diantaranya: Suasana hati guru ketika mengajar yang dalam keadaan baik, Kematangan siswa, Siswa kelas XI IPA merupakan anak-anak yang patuh dan mudah diatur, Relasi antara guru dengan siswa yang telah terjalin dengan baik, Kedisplinan guru dalam mengajar, Gedung/kelas yang sejuk dan nyaman yang didalamnya disertai sarana yang mendukung, dan Jumlah siswa yang tidak terlalu banyak. b. Faktor penghambat diantaranya: Kelelahan, Waktu pelaksanaan diskusi yang dirasakan kurang, Masih adanya siswa yang menonjolkan diri. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -