%A NIM. 10410105 FIRDAUS ABDILLAH %O Pembimbing : Drs. H. Sarjono, M.Si. %T PENANGGULANGAN BULLYING TELAAH ATAS BUKU“PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN TIPOLOGI KONDISI, KASUS DAN KONSEP” KARYA ABD. RACHMAN ASSEGAF (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM) %X FIRDAUS ABDILLAH. Penanggulangan Bullying Telaah Atas Buku “Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep” Karya Abd. Rachman Assegaf (Perspektif Pendidikan Islam). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini sering terjadi tindakan kekerasan yang terjadi di sekolah. Beberapa kasus terjadi hingga meninggal. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi tempat bagi anak untuk menimba ilmu dan terbentuknya akhlak dan rumah kedua yang aman dan nyaman bagi anak malah menjadi tempat pertama dalam terbentuknya kekerasan. Penanggulangan bullying dalam buku “Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep” Karya Abd. Rachman Assegaf bisa menjadi solusi bagi pakar pendidikan Islam karena menjelaskan secara detail mulai dari konsep kekerasan dalam pendidikan hingga hingga memberikan solusi sesuai pendidikan Islam yang diharapkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan membahas cara menanggulangi bullying dalam buku “Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus Dan Konsep” Karya Abd. Rachman Assegaf. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan penekanan pada pembahasan isi yang terkandung dalam buku. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan dianalisis dengan cara konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Bullying atau biasa disebut dengan kekerasan dalam pendidikan didefinisikan sebagai tindakan menggunakan tenaga dan kekuatan untuk melukai oarang lain atau kelompok lain secara verbal, fisik, ataupun secara psikologis dan menyebabkan korban merasa tertekan, tertekan dan tak berdaya. praktek bullying terjadi karena adanya pelanggaran yang disertai hukuman, buruknya sistem dan kebijakan pendidikan, pengaruh tayangan dan lingkungan, bullying merupakan refleksi dari pergeseran kehidupan yang cepat, faktor sosial ekonomi. 2) penangulangan bullying perspektif pendidikan Islam yaitu: menjelaskan pentingnya nilai humanisme dalam pendidikan Islam. Metode pendidikan Islam dengan cara metode amaliyah, metode amar ma’ruf nahi munkar, metode nasihat, metode kisah, metode uswah hasanah, metode hiwar, metode rihlah, metode tarhib wa targhib. Juga etika guru menurut pandangan tokoh. %K Kata kunci: penanggulangan, bullying, pendidikan Islam %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib14771