eprintid: 14772 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/47/72 datestamp: 2014-12-01 07:50:35 lastmod: 2014-12-01 07:50:35 status_changed: 2014-12-01 07:50:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NIDA ALFIAH , NIM. 10410116 title: PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME BRUNER DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DI MAN 2 WATES ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Sri Purnami,S.Psi.,M.A. abstract: Nida Alfiah. Pembelajaran Fiqih Kelas XI Ditinjau dari Perspektif Teori Belajar Kontruktivisme Bruner dalam Menciptakan Pembelajaran yang Bermakna di MAN 2 Wates. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah PAI lebih banyak berkonsentrasi pada persoalan-persoalan teoretis keagamaan yang bersifat kogntif semata serta amalan-amalan praktis. Pendidikan agama kurang concern terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan agama yang kognitif menjadi syarat makna dan nilai yang perlu diinternalisasikan dalam diri siswa lewat berbagai cara, media dan forum pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Fiqih ditinjau dari perspekti teori konstruktivisme Brunner dan sejauhmana pembelajaran Fiqih mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi pendidikan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1)Pembelajaran fiqih yang ada di MAN 2 Wates sebagian besar sudah bisa dikatakan sesuai dengan teori konstruktivisme Brunner meskipun masih belum menyeluruh. Hal ini dapat diketahui dari cara guru memahami karakteristik peserta didik pada masing-masing kelas, pembelajaran fiqih menggunakan contoh-contoh nyata, serta guru menggunakan pembelajaran aktif. Namun, proses pembelajaran fiqih tersebut kurang menyeluruh yaitu guru tidak menentukan tujuan pembelajaran fiqih sendiri, guru kurang memperhatikan apakah materi yang disampaikan kepada peserta didik itu bersifat konkrit atau abstrak, sederhana atau rumit serta ketika guru menggunakan metode ceramah kurang bisa memberikan kebebasan peserta didik dalam memecahkan masalah sendiri. (2) terkait kebermaknaan pembelajaran diketahui bahwa dalam proses pembelajaran fiqih menjadikan kebermaknaan bagi peserta didik, sebab mudah dipahami dan mudah diingat bagi peserta didik meskipun terkadang peserta didik merasa kurang paham terhadap penjelasan guru dan terkadang cepat lupa, semua tergantung pada materi pelajarannya dan keadaan peserta didik. date: 2014-10-23 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: NIDA ALFIAH , NIM. 10410116 (2014) PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI DITINJAU DARI PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONTRUKTIVISME BRUNER DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA DI MAN 2 WATES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/2/10410116_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka%281%29.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/1/10410116_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir%281%29.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14772/22/small.jpg