%A NIM. 10411007 KARTIKA HARTANTI %O Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M. Si %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK ( VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA DI SDN TLOGOMULYO TEMANGGUNG %X Kartika Hartanti. Pengaruh Model Pembelajaran VAK ( Visualisasi, Auditory, Kinestetik ) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SDN Tlogomulyo Temanggung. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran VAK terhadap prestasi belajar PAI sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran VAK siswa kelas V SD Negeri Tlogomulyo Temanggung. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang mengumpulkan datanya dilakukan di lapangan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yakni suatu metode penelitian yang bersifat induktif, objektif, dan ilmiah dimana data yang diperoleh berupa angka- angka (score, nilai) atau pernyataan- pernyataan yang dinilai dan dianalisa dengan analisis statistic. Desain penelitian ini merupakan quasi eksperimen (eksperimen semu) yaitu desain tidak dipilih secara random. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 siswa yakni kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman pembelajaran VAK, tes belajar Pendidika Agama Islam, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis instrumen yang digunakan meliputi analisis validitas dan reabilitas. Hasil analisi valididtas menunjukkan dari 10 butir soal terbukti valid semua, sedang hasil analisis koefisien reabilitas menunjukkan sebesar 0,710 dan dinyatakan reliable. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar Pendidikan Agama Islam sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran VAK. Hal ini ditunjukkan dengan diperolehnya nilai t hitung > t tabel yakni 8,276 > 2,060 dengan taraf signifikansi 0,05 dan adanya peningkatan perolehan nilai rata- rata sebelum penerapan model pembelajaran VAK ( pre test) 71,9 sedangkan rata-rata nilai setelah penerapan model pembelajaran VAK (post test) 87,3. Hal ini menunjukan adanya peningkatan ratarata nilai sebesar 15,4. Dengan melihat perbedaan skor dari hasil pre test dan post test tersebut, menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran PAI. %K Kata kunci: Model VAK, prestasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib14774