eprintid: 1478 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/14/78 lastmod: 2012-05-04 16:41:04 status_changed: 2012-05-04 16:41:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ROIZATUL FARUK - NIM. 04410741, title: PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI CERITA PADA SISWA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MLANGI SAWAHAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: unpub full_text_status: none keywords: Penanaman nilai-nilai akhlak, cerita, TK Aisyiyah note: b Pembimbing : /b Drs. Radino M.Ag. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan, hasil, dan hambatan penanaman nilai-nilai akhlak melalui cerita pada siswa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mlangi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang proses penanaman akhlak melalui cerita, mengetahui hasil, dan hambatan yang dihadapi oleh pendidik, sehingga dapat menyempurnakan penanaman akhlak melalui cerita pada siswa di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mlangi Sawahan Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar TK Aisyiyah Bustanul Athfal Mlangi. Dengan mengunakan pendekatan psikologis. Metode pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Proses penanaman nilai-nilai akhlak melalui cerita pada siswa terbagi menjadi empat langkah yakni: persiapan sebelum cerita, pra intruksional cerita, intruksional cerita, dan post intruksional cerita serta penguatan. Penanaman nilai-nilai akhlak dilakukan disela-sela cerita dengan memberikan rangsangan terhadap anak didik atas pemahaman nilai-nilai akhlak. Sedangkan penanaman nilai-nilai akhlak secara verbal dilakukan dengan mengunakan pertanyaan dan tanggapan. 2). Hasil penanaman nilai-nilai akhlak melalui cerita dapat diketahui dari dua indikator pengukuran, yakni: respon spontan dan efek cerita terhadap anak didik. Hasil cerita menunjukkan terdapat tiga respon anak didik, yakni: antusias stabil, antusias labil, dan tidak menghiraukan. 3). Hambatan penanaman nilai-nilai akhlak melalui cerita berasal dari internal pendidik yaitu lebih pada penguasaan cerita dan eksternal pendidik, yakni: siswa (respon negatif dan antusias yang berlebihan) dan kurangnya sarana dan prasarana. date: 2008-07-29 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-29 16:35:53 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--roizatulfa-1109-1-roizatul-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/23/digilib-uinsuka--roizatulfa-1109-1-roizatul-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1307 ; nama file lama : ROIZATUL FARUK 04410741 PENANAMAN NILAI AKHLAK MELALUI CERITA PADA SISWA DI TK AISYIAH BAUSTANUL ATHFAL MLANGI SAWAHAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1624938 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-29 16:35:53 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--roizatulfa-1109-1-roizatul-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/23/digilib-uinsuka--roizatulfa-1109-1-roizatul-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1307 ; nama file lama : ROIZATUL FARUK 04410741 PENANAMAN NILAI AKHLAK MELALUI CERITA PADA SISWA DI TK AISYIAH BAUSTANUL ATHFAL MLANGI SAWAHAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1624938 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ROIZATUL FARUK - NIM. 04410741, (2008) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI CERITA PADA SISWA DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MLANGI SAWAHAN NOGOTIRTO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.