%0 Thesis %9 Skripsi %A EKA RAHMAWATI , NIM. 10420070 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:14781 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Implementasi, kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Arab. %T IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN GODEAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14781/ %X Eka Rahmawati, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Arab kelas X di MAN Godean Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan masyarakat Indonesia yang setiap tahunnya selalu berkembang dan tuntutan zaman yang cenderung berubah. Sehingga perlu adanya perubahan dalam kurikulum yang dianggap sebagai penentu masa depan anak untuk kemajuan bangsa dan negara. Kurikulum baru yang berlaku di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Implementasi kurikulum di MAN Godean Sleman baru dilaksanakan pada tahun pelajaran 2014/ 2015 sehingga perlu adanya penggambaran proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukungnya di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil objek di MAN Godean Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala urusan Kurikulum, Pendidik bahasa Arab, dan Siswa kelas X. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X menunjukkan adanya pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian autentik. (2) Faktor Pendukung yang menjadikan implementasi kurikulum berhasil adalah pendidik bahasa Arab yang merupakan instruktur nasional kurikulum 2013, sarana dan prasarana yang tercukupi serta dan adanya aplikasi penilaian yang telah sesuai kebutuhan kurikulum 2013. Faktor Penghambatnya adalah bantuan buku dari pemerintah untuk pendidik dan peserta didik datang terlambat. %Z Pembimbing : Nurhadi, MA