%A NIM. 08470131 SUGIYANTO %O Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M. Ag. %T EVALUASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING ALFIYAH IBNU ‘AQIL DI KELAS ALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA %X Sugiyanto. Evaluasi Pembelajaran Kitab Kuning Alfiyah Ibnu ‘Aqil di kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning Alfiyah Ibnu ‘Aqil di kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Salaf Al- Luqmaniyyah Yogyakarta; 2) pelaksanaan evaluasi pembelajaran kitab kuning Alfiyah Ibnu ‘Aqil di kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta; 3) faktor pendukung dan faktor penghambat evaluasi pembelajaran kitab kuning Alfiyah Ibnu ‘Aqil di kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Salaf Al- Luqmaniyyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan Triangulasiteknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu.Hasil wawancaradigunakan untuk mendapatkan informasi dari Pengasuh, Dewan Asatidz, Dewan Pendidikan, santriwan-santriwati tentang sejarah berdiri dan berkembangnya Pondok Pesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Umbulharjo hingga saat ini dan berbagai hal yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran Alfiyah Ibnu ‘Aqil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik, pengumpulan data dilakukan dengan metode intervew, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran Alfiyah Ibnu ‘Aqil pada santri kelas Alfiyah II di Pondok PesantrenSalaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta dapat dikatakan “berhasil”, meskipun belum sepenuhnya maksimal. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasidan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semuapihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya agar dapat menjalankan tugasnya secara optimal. %K Kata Kunci: Alfiyah Ibnu ‘Aqil, kitab kuning, evaluasi pembelajaran. %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib14784