@phdthesis{digilib14785, month = {August}, title = { ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI (STUDI SISWA BERPRESTASI PADA SMA N 1 DAN MAN 1 YOGYAKARTA KELAS XI) }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 11470078 NONENG SITI ROSIDAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd }, keywords = {Kata kunci : Gaya belajar siswa, Siswa berprestasi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14785/}, abstract = {Noneng Siti Rosidah. Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi (Studi Siswa Berprestasi Pada SMA N 1 dan MAN 1 Yogyakarta Kelas XI). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini dilakukan pertama, menganalisa untuk mengetahui gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran MIPA kelas XI di SMA N 1 dan MAN 1 Yogyakarta dengan menerapkan teori gaya belajar Kolb. Kedua, untuk memprediksi adanya perbedaan dan persamaan gaya belajar siswa berprestasi, dalam pembelajaran MIPA kelas XI di SMA N 1 dan MAN 1 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 dan MAN 1 Yogyakarta dengan mengambil subyek penelitian sebanyak 18 orang yang diambil dari siswa kelas XI. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan menggunakan tekhnik purposive sampling yang mengacu pada hasil nilai rata-rata UTS MIPA yang merupakan 3 tertinggi dari setiap kelasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Siswa berprestasi pada mata pelajaran MIPA kelas XI di SMA N 1 dan MAN 1 Yogyakarta adalah bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil olah data yang diperoleh menunjukkan bahwa gaya belajar siswa memiliki keunikan masing-masing dan cenderung mengarah terhadap kepribadian individu. Berdasarkan hasil analisis gaya belajar siswa berprestasi menunjukkan bahwa siswa SMA N 1 Yogyakarta yang menjadi subyek penelitian sebanyak 4 siswa memiliki gaya belajar Assimilator, 3 siswa memiliki gaya belajar konverger, 1 siswa memiliki gaya belajar Akomodator dan 1 siswa lagi memiliki gaya belajar Diverger. Sedangkan siswa berprestasi di MAN 1 Yogyakarta yang menjadi subyek penelitian, sebanyak 4 orang memiliki gaya belajar Akomodator, masing-masing 2 siswa memiliki gaya belajar Assimilator dan Diverger, kemudian 1 siswa lagi memiliki gaya belajar konverger. 2) Perbedaan yang terjadi diantara keduanya merupakan kebiasaan individu yang menjadi keunikan tersendiri bagi mereka. Sehingga pada penelitian ini memberikan hasil bahwa gaya belajar siswa SMA dengan siswa MAN yang berprestasi adalah berbeda-beda sesuai dengan kepribadiannya masing-masing. Siswa berprestasi di SMA N 1 Yogyakarta lebih mendominasi pada gaya belajar Assimilator, sedangkan siswa MAN 1 Yogyakarta lebih mendominasi pada gaya belajar Akomodator. } }