%0 Thesis %9 Skripsi %A WAHIDUR ROSYID , NIM. 10391002 %B FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM %D 2014 %F digilib:14838 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Konsep pelayanan dalam Islam, Pembiayaan Nasabah %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PEMBIAYAAN (STUDI KASUS BPRS SITUBONDO) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14838/ %X Setiap perusahaan tentunya ingin mencapai suatu keberhasilan. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan memerlukan strategi untuk menghadapi persaingan yang saat ini semakin lama semakin ketat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan perusahaan dalam mencapai keberhasilan adalah kualitas pelayanan. Bagi perusahaan yang bergerak di sektor jasa, seperti bank, pemberian pelayanan yang berkualitas pada nasabah merupakan hal mutlak yang harus dilakukan apabila perusahaan ingin mencapai keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan para nasabah pembiayaan BPRS Situbondo. Populasi pada penelitian ini adalah para nasabah pembiayaan BPRS Situbondo yang menggunakan jasa BPRS Situbondo selama menjadi nasabah. Sedangkan sampel yang di ambil sebanyak 75 orang responden dengan teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik regresi berganda sederhana. Dimana Y menunjuk pada variabel kepuasan nasabah, X1 variabel tangible, X2 variabel reliability, X3 variabel responsiveness, X4 variabel assurance, dan X5 variabel empathy. Sedangkan kepuasan nasabah memilih produk BPRS Situbondo merupakan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hanya 2 variabel signifikan yang berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Yaitu (1) responsiveness dan (2) emphaty yang berpengaruh positif, sedangkan variabel tangible, realibility, dan assurance tidak berpengaruh positif dan signifikan. Angka Angka Adjusted R2 sebesar 0,262 menunjukkan bahwa 26,2% kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Sedangkan 73,8% kepuasan nasabah dijelaskan dari variabel lain selain kelima variabel tersebut yang tidak diteliti dalam penelitian ini. %Z Pembimbing : Dr. Misnen Ardiansyah, SE.M.Si - M. Ghafur Wibowo, SE.M.Sc