eprintid: 14842 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/48/42 datestamp: 2014-12-02 03:41:04 lastmod: 2016-09-27 09:01:09 status_changed: 2014-12-02 03:41:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NAILA BIDAYATI SAADA , NIM. 10390149 title: PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, KOMITMEN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA ANGGOTA PEMBIAYAAN DI BMT BATIK MATARAM) ispublished: pub subjects: KB divisions: jur_kei full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Loyalitas, kualitas layanan, kepercayaan, komitmen, dan promosi. note: Pembimbing : Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, S.E., M.Si. - Dr. IBNU MUHDIR, M.Ag. abstract: BMT merupakan lembaga keuangan yang tidak terlepas dari ketatnya persaingan lembaga keuangan. Tidak hanya bersaingan degan sesama BMT, tetapi juga dengan lembaga keuangan mikro seperti bank umum syariah untuk usaha mikro dan BPRS yang sekarang mulai tumbuh di berbagai daerah. Dengan menanggapi situasi persaingan yang ketat, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh BMT adalah dengan menumbuhkan sikap loyal pada anggota BMT. Menumbuhkan sikap loyalitas anggota pada era bisnis saat ini merupakan tuntutan yang harus segera dilakukan oleh BMT, karena dengan terpeliharanya loyalitas anggota maka keberadaan BMT tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor (kualitas layanan, kepercayaan, komitmen, dan promosi) yang mempengaruhi loyalitas anggota pembiayaan di BMT Batik Mataram, model analsis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah metode analisis regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah anggota pembiayaan BMT Batik Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data yang diperoleh berasal dari sembilan puluh dua kuisioner yang disebar kepada nasabah dengan tekhnik purposive sampling. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan, kepercayaan, komitmen, dan promosi, sedangkan loyalitas adalah variabel dependen. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh, dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefesien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi R square menunjukkan angka 0,691. Hal ini berarti variabel dependen (loyalitas nasabah) dipengaruhi oeh variabel independen (kualitas layanan, kepercayaan, komitmen, dan promosi) sebesar 68,7% dan sebesar 30,9% (100% - 69,1%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan angka signifikansi 0,000. Hal ini berarti variabel dependen (loyalitas anggota) secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen (kualitas layanan, kepercayaan, komitmen, dan promosi). Secara parsial berdasarkan hasil uji t ke empat variabel independen tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota. date: 2014-08-29 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NAILA BIDAYATI SAADA , NIM. 10390149 (2014) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, KOMITMEN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA ANGGOTA PEMBIAYAAN DI BMT BATIK MATARAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14842/2/10390149_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14842/1/10390149_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf