eprintid: 14898 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/48/98 datestamp: 2014-12-02 08:52:45 lastmod: 2014-12-02 08:52:45 status_changed: 2014-12-02 08:52:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ITA FITRI ASTUTI , NIM. 10520020 title: AGAMA DAN PELAYANAN SOSIAL (STUDI KOMPARATIF LEMBAGA FILANTROPI DOMPET DHUAFA JOGJA DAN KARINAKAS DI YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: PC divisions: jur_pag full_text_status: restricted note: Pembimbing : Ahmad Muttaqin,S.Ag,M.Ag.,M.A.,Ph.D. abstract: Dompet Dhuafa Jogja dan KARINAKAS adalah lembaga filantropi yang berbasis agama, jika Dompet Dhuafa berbasis Islam sementara KARINAKAS berbasis Katolik. Berdirinya kedua lembaga tersebut bermula dari respon terhadap bencana alam yang menimpa Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian wilayah Jawa Tengah pada tahun 2006 lalu. Jika Dompet Dhuafa Jogja berawal dari perpanjangan tangan Dompet Dhuafa Republika yang berada di Jakarta sedangkan KARINAKAS berada di bawah Keuskupan Agung Semarang. Karakteristik dari lembaga ini adalah pelayanan sosial. Empat bidang yang dilakukan Dompet Dhuafa Jogja dalam pelayanan sosialnya adalah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan dakwah serta kemanusiaan. Sementara empat bidang pelayanan sosial yang dilakukan KARINAKAS adalah bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan dan sosial. Oleh karena itu, penelitian ini akan memfokuskan dua rumusan masalah yaitu bagaimana hubungan antara paham keagamaan dengan program pelayanan sosial yang terdapat di Dompet Dhuafa Jogja dan KARINAKAS dan bagaimana pertimbangan kedua lembaga tersebut terhadap afiliasi keagamaan penerima bantuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari kedua rumusan masalah tersebut. Untuk menjawab permasalaha tersebut, maka pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengamati dan menyelidiki fakta-fakta empiris yang terjadi, wawancara dengan pihak lembaga dan penerima bantuan dari lembaga serta dokumentasi terhadap data-data terkait. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dengan analisis perbandingan, pengolahan datanya dilakukan secara kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Adapun untuk memenuhi keabsahan penulis akan menganalisis dengan teori rasionalisasi Max Weber. Dari penelitian ini diperoleh jawaban bahwa antara paham keagamaan dengan program yang dilakukan Dompet Dhuafa Jogja dan KARINAKAS saling berkaitan. Di Dompet Dhuafa Jogja keterkaitan tersebut terwujud dalam program lembaga yang bernuansa Islami karena lembaga tersebut berupaya concern dengan nass. Sementara dalam KARINAKAS keterkaitan tersebut terwujud dalam program yang bersifat umum dengan lebih menonjolkan sisi kemanusiaannya karena ajaran kasih dalam perintah Katolik bersifat global. Hal ini berdampak pula dalam pelayanan KARINAKAS. Lembaga ini tidak menjadikan afiliasi keagamaan penerima bantuan sebagai pertimbangan, dalam pelayanannya KARINAKAS tidak membedakan penerima bantuan berdasarkan golongan, ras, suku dan agama. Sedangkan dalam pelayanan Dompet Dhuafa Jogja afiliasi keagamaan penerima bantuan menjadi pertimbangan ketika dana zakat yang akan dialokasikan, tetapi Dompet Dhuafa Jogja juga melakukan pelayanan bagi masyarakat luas baik muslim maupun non muslim dengan menggunakan dana selain zakat seperti dana sedekah, infak, dan lainnya. Adapun dalam kondisi tertentu dana zakat juga digunakan untuk membantu non muslim dengan dilakukannya beberapa pertimbangan terlebih dahulu. Meskipun demikian, pelayanan yang dilakukan Dompet Dhuafa Jogja dan KARINAKAS untuk masyarakat umum hanya sebatas kemanusiaan. date: 2014-10-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA thesis_type: skripsi citation: ITA FITRI ASTUTI , NIM. 10520020 (2014) AGAMA DAN PELAYANAN SOSIAL (STUDI KOMPARATIF LEMBAGA FILANTROPI DOMPET DHUAFA JOGJA DAN KARINAKAS DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/2/10520020_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/1/10520020_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14898/22/small.jpg