eprintid: 1493 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/14/93 lastmod: 2012-05-04 16:41:05 status_changed: 2012-05-04 16:41:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SIDAH NUR HALIMAH - NIM. 03420234, title: MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MEMAHAMI AL QUR'AN (STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DENGAN SISWA SMA MA'ARIF NU I KEMRANJEN BANYUMAS) ispublished: unpub full_text_status: none keywords: Motivasi, bahasa Arab, al-Qur'an. note: b Pembimbing : /b Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar bahasa Arab antara siswa Sekolah Menengah Atas Ma'arif NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta yang menghafal Al Qur'an. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Ma'arif NU I Kemranjen maupun siswa MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Dan pengambilan sampelnya menggunakan rancangan sampling non probabilitas berupa sampling purposive yaitu dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, tetapi didasarkan atas tujuan tertentu. Sampel yang diambil ialah yang menghafal Al Qur'an saja. Dari Sekolah Menengah Atas Ma'arif NU I Kemranjen Banyumas ada 15 siswa dan 15 siswa Madrasah Aliyah wahid Hasyim Yogyakarta. M etode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, waawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen menggunakan Uji Validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan Uji Reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan Uji Homogenitas dengan rumus uji Bartlet dan Uji Normalitas dengan rumus Chai Kuadrat. Dan analisis datanya menggunakan rumus Uji t . H a sil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa Sekolah Menengah Atas NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 0.456 dibedakan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2.05 maka thitung lebih kecil dari ttabel. Ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif ditolak maka Tidak ada perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa Sekolah Menengah Atas NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta . date: 2008-07-31 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-31 11:50:05 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sidahnurha-1124-1-an(stud-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/23/digilib-uinsuka--sidahnurha-1124-1-an(stud-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1322 ; nama file lama : an (Studi Komparasi).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1152988 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-31 11:50:05 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sidahnurha-1124-1-an(stud-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/23/digilib-uinsuka--sidahnurha-1124-1-an(stud-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1322 ; nama file lama : an (Studi Komparasi).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1152988 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SIDAH NUR HALIMAH - NIM. 03420234, (2008) MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MEMAHAMI AL QUR'AN (STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DENGAN SISWA SMA MA'ARIF NU I KEMRANJEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.