@unpublished{digilib1495, month = {July}, title = {PERANAN GURU DAN RELEVANSINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO JAWA TIMUR (TINJAUAN PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK)}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { AIDIL - NIM. 02421141}, year = {2008}, note = { b Pembimbing : /b Drs. H. Nazri Syakur, M.A.}, keywords = {Peranan guru, motivasi belajar bahasa arab.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1495/}, abstract = { ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan apa saja yang diperankan guru bahasa Arab khususnya kelas I (satu) di Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS) dalam rangka meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa, serta mengidentifikasi apakah peran-peran tersebut relevan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS). Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai sumbangan pengetahuan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara umum dan pembelajaran bahasa Arab secara khusus. Penelitian ini merupakan penelitian berdasarkan Penelitian Lapangan, yaitu penelitian yang menggunakan cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di lapangan dan segala sesuatu yang telah dipersiapkan sebelum terjun ke lapangan penelitian, seperti Observasi, Wawancara, Sampel, Angket dan Kuisoner. Kemudian menelaah dan melakukan analisis data terhadap data-data yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang diperankan guru bahasa Arab Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS) dalam rangka meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa terbagi menjadi dua bagian, adalah: peranan guru formal dan peranan guru informal. Peranan guru formal meliputi: informator, fasilitator, motivator dan evaluator, serta dalam proses pembelajaran mereka menggunakan Teori Peranan Behaviourisme, sedangkan peranan guru informal meliputi: pembimbing dan pengawas/kontrol serta dalam usaha meningkatkan motivasi belajar siswa para guru menggunakan Teori Peranan Humanistik. Dari penelitian ini juga dapat diketahui bahwa guru-guru yang mengampu bahasa Arab bagi kelas I (satu) sudah baik dalam memerankan peranan guru baik formal maupun informal, dan langsung maupun tidak langsung peranan-peranan tersebut masih relevan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS). } }