eprintid: 1495 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/14/95 lastmod: 2012-05-04 16:41:05 status_changed: 2012-05-04 16:41:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AIDIL - NIM. 02421141, title: PERANAN GURU DAN RELEVANSINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO JAWA TIMUR (TINJAUAN PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK) ispublished: unpub full_text_status: none keywords: Peranan guru, motivasi belajar bahasa arab. note: b Pembimbing : /b Drs. H. Nazri Syakur, M.A. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan apa saja yang diperankan guru bahasa Arab khususnya kelas I (satu) di Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS) dalam rangka meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa, serta mengidentifikasi apakah peran-peran tersebut relevan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS). Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai sumbangan pengetahuan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara umum dan pembelajaran bahasa Arab secara khusus. Penelitian ini merupakan penelitian berdasarkan Penelitian Lapangan, yaitu penelitian yang menggunakan cara untuk mendapatkan data dan informasi dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di lapangan dan segala sesuatu yang telah dipersiapkan sebelum terjun ke lapangan penelitian, seperti Observasi, Wawancara, Sampel, Angket dan Kuisoner. Kemudian menelaah dan melakukan analisis data terhadap data-data yang ditemukan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang diperankan guru bahasa Arab Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS) dalam rangka meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa terbagi menjadi dua bagian, adalah: peranan guru formal dan peranan guru informal. Peranan guru formal meliputi: informator, fasilitator, motivator dan evaluator, serta dalam proses pembelajaran mereka menggunakan Teori Peranan Behaviourisme, sedangkan peranan guru informal meliputi: pembimbing dan pengawas/kontrol serta dalam usaha meningkatkan motivasi belajar siswa para guru menggunakan Teori Peranan Humanistik. Dari penelitian ini juga dapat diketahui bahwa guru-guru yang mengampu bahasa Arab bagi kelas I (satu) sudah baik dalam memerankan peranan guru baik formal maupun informal, dan langsung maupun tidak langsung peranan-peranan tersebut masih relevan dalam rangka meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di Tarbiyatul Mu'allimin Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS). date: 2008-07-31 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Tarbiyah/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2008-07-31 12:01:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--aidilnim02-1126-1-aidil02-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/23/digilib-uinsuka--aidilnim02-1126-1-aidil02-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1324 ; nama file lama : AIDIL 02421141PERANAN GURU DAN RELEVANSINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO JAWA TIMUR (TINJAUAN PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 5179955 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2008-07-31 12:01:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--aidilnim02-1126-1-aidil02-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/23/digilib-uinsuka--aidilnim02-1126-1-aidil02-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1324 ; nama file lama : AIDIL 02421141PERANAN GURU DAN RELEVANSINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO JAWA TIMUR (TINJAUAN PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 5179955 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AIDIL - NIM. 02421141, (2008) PERANAN GURU DAN RELEVANSINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN WALI SONGO NGABAR PONOROGO JAWA TIMUR (TINJAUAN PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.