eprintid: 14972 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/49/72 datestamp: 2014-12-04 03:27:30 lastmod: 2016-03-07 01:59:12 status_changed: 2014-12-04 03:27:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IRMA RUSITA , NIM. 08680026 title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Model Jigsaw, praktikum, motivasi belajar, hasil belajar. note: Pembimbing : Sulistiyawati, M.Si dan Ibu Dias Idha Pramesti, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui pengaruh model Jigsaw berbasis praktikum untuk meningktakan motivasi belajar siswa kelas XB SMA UII Yogyakarta pada sub materi pokok Arthropoda. 2) Mengetahui pengaruh model Jigsaw berbasis praktikum untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XB SMA UII Yogyakarta pada sub materi pokok Arthropoda. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian kelas XB SMA UII Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 21 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan hasil belajar siswa. Data motivasi siswa diperoleh melalui pengisian angket motivasi belajar sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui lembar soal pre test dan post test. Analisis data untuk motivasi belajar siswa diperoleh menggunakan analisis kualitatif deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan effect size, yaitu selisih antara rata-rata post test siklus I dengan rata-rata post test siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XB SMA UII Yogyakarta. Keterlaksanaan pembelajaran Biologi melalui penerapan model Jigsaw berbasis praktikum ditunjukkan oleh persentase hasil tanggapan siswa. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebesar 70,06% dan pada siklus I menjadi 80,4 % pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 10,3% dari siklus I. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dari adanya peningkatan nilai post-test Siklus I ke Siklus II sebesar 8,1. Dari selisih rata-rata ini didapatkan nilai effect size d cohen sebesar 0,7 dan termasuk dalam efek sedang. date: 2014-10-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: IRMA RUSITA , NIM. 08680026 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA UII YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14972/2/08680026_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14972/1/08680026_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf