<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n"^^ . "Banyak mushaf al-Qur'an yang ditulis menggunakan standar mushaf\r\n'Utsmani. Surat-surat di dalamnya juga diurutkan berdasarkan tartīb al-muṣḥaf.\r\nSementara itu, ternyata kronologi pewahyuan al-Qur'an tidaklah terurut dan\r\ntersusun sebagaimana yang terdapat di dalam mushaf 'Utsmani. Hal inilah yang\r\nditelusuri oleh M. 'Ābid al-Jābirī. Berangkat dari adagium dasar yang\r\nmenyatakan bahwasanya al-Qur'an saling menjelaskan dan menafsirkan antara\r\nsesamanya, Al-Jābirī mencoba untuk menuliskan sebuah kitab tafsir dengan\r\nmenggunakan sistem pengurutan surat sesuai dengan konsep tartīb al-nuzūl. Hal\r\nini dilakukannya sebagai salah satu upaya untuk mengkontekstualkan pemahaman\r\n(interpretation) terhadap al-Qur'an. Hal inilah yang membuat peneliti ingin\r\nmelakukan penelitian lebih jauh untuk melihat seberapa besar implikasi tartib annuzul\r\nterhadap penafsiran al-Qur'an. Adapun alasan peneliti mengangkat tokoh\r\nM. ‘Ābid al-Jābirī adalah karena ia merupakan seorang tokoh intelektual muslim\r\nkontemporer yang sangat dikenal oleh intelektual muslim. Dengan keilmuan\r\nsejarah yang dimilikinya, peneliti ingin menggali seberapa jauh keberhasilan al-\r\nJābirī dalam mengupayakan kontekstualitas di dalam penafsirannya.\r\nDengan menggunakan metode deskriptif-analitis serta pendekatan historis,\r\npenelitian ini berupaya untuk mengungkap bagaimana tartīb al-nuzūl dalam\r\nperspektif al-Jābirī serta untuk melihat implikasi dari penggunaan konsep tersebut\r\nke dalam penafsiran al-Qur’an.\r\nHasil penelitian menunjukan bahwa tartīb al-nuzūl sangat penting untuk diketahui\r\nkarena ia merupakan materi historis paling utama yang berkaitan langsung dengan\r\nlatar historisitas pewahyuan dan historisitas kenabian (sīrah nabawiyyah).\r\nMenurut al-Jābirī, teori ini berfungsi untuk mengetahui proses pembentukan teks\r\nal-Qur’an (al-takwīnī li al-naṣ al-qur’ānī) yang bersesuaian dengan proses\r\ndakwah nabi saw (dakwah al-nabī), di mana unsur logika atau ijtihad dijadikan\r\nsebagai pondasi dasar untuk menyelaraskan antara keduanya. Ketika diaplikasikan\r\nke dalam sebuah penafsiran, maka tartīb al-nuzūl memiliki implikasi dalam\r\nmembantu seorang mufassir untuk menemukan pemahaman obyektif terhadap al-\r\nQur’an yang selaras antara perkembangan historisitas pewahyuan dan\r\nperkembangan historisitas kenabian. Walaupun demikian, teori ini tentu saja\r\nmasih memiliki beberapa kelemahan, di antaranya pertama, dalam mengurutkan\r\ntartīb al-nuzūl al-Jābirī sama sekali tidak melakukan kritik hadis (naqd al-ḥadīṡ)\r\nterlebih dahulu. Selain itu, al-Jābirī juga sama sekali tidak menggunakan kaidahkaidah\r\npenafsiran—seperti naskh-mansūkh, ‘ām-khāṣ, dan lain sebagainya—\r\ndalam melakukan sebuah penafsiran. Kedua, teori tersebut hanya dapat\r\ndiaplikasikan terhadap surat-surat Makkiyyah saja, tidak terhadap surat-surat\r\nMadaniyyah. Hal ini disebabkan karena surat Madaniyyah mengandung berbagai\r\nperistiwa historisitas yang tidak hanya terkandung di dalam surat-suratnya, namun\r\njuga terkandung di dalam masing-masing ayat dalam suatu surat. Kelemahan\r\nselanjutnya adalah tartīb al-nuzūl yang dipakai al-Jābirī di dalam penafsirannya\r\nbelum mampu menjangkau ranah kontekstualitas dalam rangka memperoleh sisi\r\nrelevansi terhadap konteks masa kini.\r\n"^^ . "2014-10-22" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PERPUSTAKAAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . " NIM. 11531006"^^ . "MULYAZIR "^^ . " NIM. 11531006 MULYAZIR "^^ . . . . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Text)"^^ . . . . . "11531006_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Text)"^^ . . . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "TARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN\r\n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #14990 \n\nTARTĪB AL-NUZŪL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENAFSIRAN AL-QUR’AN \n(PERSPEKTIF MUHAMMAD ‘ĀBID AL-JĀBIRĪ) \n\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .