@phdthesis{digilib15000, month = {October}, title = {PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2013/2014 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10680002 RESTY DWI NANDA SAFITRI }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd. }, keywords = {Kata Kunci : Cooperative Learning, Example Non Example, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15000/}, abstract = {Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe example non example terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa di MAN Yogyakarta II. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh kelas X MAN Yogyakarta II yang terdiri dari tujuh kelas dengan sampel diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X D sebagai kelas kontrol dan kelas X E sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui test (soal pretest dan posttest) dan non test (angket motivasi belajar). Analisis data yang digunakan adalah Uji Mann Withney U test untuk angket motivasi belajar, Uji Independent Sample t-test untuk hasil belajar biologi siswa, dan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan data dari angket motivasi belajar siswa. Hasil uji Mann Whitney U test menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model cooperative learning tipe example non example terhadap motivasi belajar siswa, hal ini terlihat dari nilai phitung sebesar 0,0006 (p {\ensuremath{<}} 0,025). Sedangkan, hasil uji Independent sample t-test untuk hasil belajar biologi siswa diperoleh nilai phitung sebesar 0,640 (p {\ensuremath{>}} 0,025) yang berarti tidak terdapat pengaruh signifikan model cooperative learning tipe example non example terhadap hasil belajar biologi siswa. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe example non example berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi siswa tetapi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa. } }