eprintid: 15007 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/50/07 datestamp: 2014-12-05 07:20:48 lastmod: 2014-12-05 07:24:07 status_changed: 2014-12-05 07:20:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUKHLASHIN , NIM. 10410048 title: PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN RASULULLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN DAARUS SELAMAT SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci : Metode Pembelajaran Rasulullah, Motivasi Belajar. note: Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag. abstract: MUKHLASHIN. Pengembangan “40 Strategi dan Metode Pembelajaran Rasulullah” Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Panti Asuhan Daarus Selamat Sleman. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah Rasulullah saw merupakan panutan yang utama bagi para umatnya dan tidak terkecuali dalam bidang pendidikan agama islam. Pembelajaran Rasulullah saw merupakan pembelajaran yang sempurna dan dapat diterapkan dalam keadaan yang bagaimanapun. Peneliti menggunakan metode pembelajaran Rasulullah saw untuk meningkatkan motovasi belajar Pendidikan Agama Islam di Panti Asuhan “Daarus Selamat” Sleman. Dengan rujukan buku yang di tulis oleh Abd Al-Fatah Abu Ghuddah dengan judul 40 Strategi dan Metode Pembelajaran Rasulullah saw. Yang menjadi pokok penelitian ini adalah bagaimana pengembangan metode pembelajaran Rasulullah saw yang disesuaikan dengan keadaan panti asuhan, dan metode tersebut diterapkan guna meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam di panti asuhan Daarus Selamar Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Panti Asuhan Daarus Selamat Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi serta bahan-bahan lain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengembangan Metode Pembelajaran Rasulullah saw di Panti Asuhan Daarus Selamat Sleman adalah mengembangkan dengan melihat keadaan santri dan lingkungan panti asuhsan. Bentuk dari pengembangan metode pembelajaran Rasulullah saw menggunakan bahasa yang mudah di mengerti santri, seperti menggunakan bahasa sehari-hari, menggunakan tebak-tebakan, cerita yang menarik, menggambar dan semua diselingi dengan lelucon atau canda gurau. (2) Dampak dari pengembangan metode pembelajaran Rasulullah saw dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di Panti Asuhan Daarus Selamat Sleman adalah santri merasa senang dalam proses pembelajaran PAI, mencintai mata pelajaran PAI, tidak cepat bosan dengan pembelajaran PAI, selalu semangat dalam pembelajaran, senang dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh pengajar dan semangat unruk mengikuti lagi pembelajaran selanjutnya pada hari yang lain. date: 2014-10-29 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: MUKHLASHIN , NIM. 10410048 (2014) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN RASULULLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PANTI ASUHAN DAARUS SELAMAT SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/1/10410048_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/2/10410048_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/9/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15007/21/small.jpg