TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA. ID - digilib15009 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15009/ A1 - LISYA MUHAMMAD NUR , NIM. 10411054 Y1 - 2014/10/29/ N2 - Lisya Muhammad Nur. Efektifitas akreditasi dalam meningkatkan prestasi akademik siswa sekolah SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul Tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini berawal dari munculnya masalah terkait dengan pencapaian prestasi akademik siswa SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul merupakan sekolah yang baru saja melaksanakan akreditasi dan mendapatkan nilai yang sangat baik. Sebagian besar siswa sebelum akreditasi sudah banyak berprestasi di tingkat kelas dan tingkat jurusan masing-masing. Namun, ada sebagian siswa lain yang belum berprestasi, bahkan ada yang masih belum bisa mencapai nilai standar yang di tetapkan oleh sekolah. Masih menjadi permasalahan adalah bagaimana proses efektifitas akreditasi dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Tidak hanya nilai akreditasi saja yang harus mengangkat tingkat sekolah dan peserta didik. Namun juga ketelatenan dan keuletan pendidik untuk mewujudkan prestasi akademik peserta didik yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul. Subyek penelitian ini adalah guru walikelas, kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, dan siswa-siswi SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul sedangkan obyek penelitiannya adalah Efektifitas akreditasi dalam meningkatkan prestasi akademik siswa SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul Tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis. Metode berfikir dalam analisis data penelitian bersifat induktif dengan menghimpun dan menggabungkan kata-kata khusus menjadi kesatuan informasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses efektifitas akreditasi dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa dilakukan melalui metode pembelajaran guru yang memotivasi serta membuat peserta didik berperan aktif dalam kegiatan belajar di kelas. Dan dukungan dari guru, orang tua, dan lingkungan. Baik itu lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah tempat peserta didik yang nyaman untuk menuntut ilmu. (2) efektifitas akreditasi memberikan implikasi positif dalam upaya meningkatkan prestasi belajar akademik siswa dengan berbagai faktor dukungan dan faktor penghambat, kemauan dari diri peserta didik serta dorongan dari berbagai pihak, guru, orang tua, dan fasilitas sarana prasarana sekolah. indikator efektifitas akreditasi yang dapat disebutkan diantaranya mencapai prestasi belajar akademik siswa yang ada di SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: efektifitas akreditasi KW - prestasi belajar KW - SMK Muhammadiyah Karangmojo Gunungkidul. M1 - skripsi TI - EFEKTIFITAS AKREDITASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -