eprintid: 15015 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/50/15 datestamp: 2014-12-05 07:31:52 lastmod: 2014-12-05 07:31:52 status_changed: 2014-12-05 07:31:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ESTY NOVITA RAHMAN , NIM. 10410126 title: KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMATANGAN BERAGAMA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Mentoring Keagamaan Islam, Kematangan Beragama. note: Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi., MA abstract: ESTY NOVITA RAHMAN. Kegiatan Mentoring Keagamaan Islam dan Implikasinya Terhadap Kematangan Beragama Siswa Kelas X SMA N 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis terhadap proses pelaksanaan, metode yang digunakan, serta hasil yang dicapai dalam pelaksanaan kegiatan mentoring keagamaan Islam terhadap kematangan beragama siswa. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan kegiatan mentoring keagamaan Islam di SMA tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA N 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses kegiatan mentoring keagamaan Islam di SMA N 1 Yogyakarta secara garis besar dimulai dengan pembukaan, mentoring reguler, dan penutup. Kegiatan pembukaan diisi dengan pendampingan dan pretest. Kegiatan mentoring reguler dilaksanakan setiap hari Jum’at pada waktu sholat Jum’at bagi siswa putri dan setelah sholat Jum’at bagi siswa putra. Adapun penutupan kegiatan mentoring keagamaan Islam diisi dengan acara talkshow dan post test. Metode yang digunakan dalam kegiatan mentoring keagamaan Islam di SMA N 1 Yogyakarta meliputi metode ceramah, diskusi, games, nonton film, dan keteladanan. dan penutup. Berbagai metode yang digunakan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga mentor dituntut untuk kreatif dalam memadukan metode tersebut sesuai dengan materi yang disampaikan. (2) Implikasi kegiatan mentoring keagamaan Islam terhadap kematangan beragama siswa kelas X SMA N 1 Yogyakarta berdasarkan kelima aspek kematangan beragama yang dikemukakan Gordon W. Allport sangatlah berpengaruh, akan tetapi kematangan beragama siswa tidak mutlak dipengaruhi oleh kegiatan mentoring keagamaan Islam saja, melainkan juga disebabkan karena lingkungan sekolah yang begitu religius dan pada dasarnya siswa yang diterima di SMA N 1 Yogyakarta merupakan siswa berprestasi dan berakhlak baik. Berdasarkan keenam siswa yang dijadikan subyek penelitian, dua siswa sudah sangat matang, tiga siswa sudah cukup matang, dan hanya satu siswa yang masih kurang matang. date: 2014-10-29 date_type: published institution: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: ESTY NOVITA RAHMAN , NIM. 10410126 (2014) KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMATANGAN BERAGAMA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/1/10410126_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/2/10410126_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/9/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15015/21/small.jpg