%0 Thesis %9 Skripsi %A EMHA HENDRA NGAINUN NAJIB , NIM. 10410109 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:15016 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci : profil, karir, regulasi diri. %T REGULASI DIRI DAN PERJALANAN KARIR GURU PAI BERPRESTASI (STUDI KASUS PADA EMPAT GURU PAI BERPRESTASI DI KOTA YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15016/ %X Emha Hendra N N, “Regulasi Diri dan Perjalanan Karir Guru PAI Berprestasi (Studi pada Guru PAI Berprestasi di Kota Yogyakarta)”.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembekalan secara teoritik bagi calon guru PAI belum cukup tanpa gambaran nyata kehidupan guru PAI dilapangan. Empat Guru PAI berprestasi di kota Yogyakarta (Dewi Widyastuti guru PAI TK ABA Kauman, Nur Fajriyah guru PAI SD Mendungan 2, Ali Afandi guru PAI SMP 9 Yogykarta dan Nurul Yakin guru PAI SMA N 1 Yogyakarta) sebagai subjek penelitian mempunyai keunikan yaitu prestasi di bidang pendidikan. Guru PAI berprestasi mempunyai tujuan hidup dan pola tindakan yang dapat dijadikan pelajaran. Guru PAI berprestasi mempunyai perjalanan karir dibidang pendidikan dan proses regulasi diri pada masa lalu. Mengkonstruk pengalaman guru PAI berprestasi sebagai pelajaran dimasa sekarang menjadi perlu sebagai bahan perbandingan dan dapat dijadikan untuk memperkaya ilmu pengetahuan. Tiga permasalahan yang muncul dan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana profil, proses perjalanan karir dan pemaknaan regulasi diri pada empat guru PAI berprestasi. Ketiga permasalahan tersebut merupakan proses dimasa lalu. Oleh karena itu, dalam rangka mengungkap dan membahas ketiga permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pemilihan metode kulitatif-studi kasus dikarenakan metode ini mampu mendiskripsikan proses, memaknai pengalaman dan mengungkap hal yang bersifat subjektif. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna dan ditarik kesimpulan kemudian data ditulis dalam bentuk diskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Profil guru berprestasi berasal dari keluarga sederhana, mandiri dalam kehidupan, mempunyai jiwa pengabdian tinggi pada pendidikan, pekerja keras dan kreatif. (2) Perjalan karir guru berprestasi dimulai dari pengabdian terhadap dunia pendidikan dan aktif berorganisasi sehingga pada ahirnya mendapatkan berbagai penghargaan sebagai guru PAI berprestasi. (3) Regulasi diri guru berprestasi dipengaruhi oleh tujuan hidup, motivasi dari, kontrol diri, penilaian terhadap diri dan penentuan strategi. Regulasi diri pada guru PAI berprestasi mempunyai makna yaitu cita-cita dan strategi ditentukan sebagai sarana meraih tujuan hidup, guru berprestasi bukan hanya menang dalam perlombaan, menjadikan ajang perlombaan sebagai tempat pendidikan, raih prestasi dengan motivasi kuat, menilai kekurangan dan kelebihan diri dan melakukan kontrol diri. %Z Pembimbing : Dr.Sabarudin, M.Si.