%A NIM. 10470060 YUNITA FATMA PERTIWI %T OPTIMALISASI POTENSI MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Yunita Fatma Pertiwi. Optimalisasi Potensi Multiple Intellignces pada Anak Usia Dini di TK Islam Tunas Melati. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2014. Penelitian ini berdasarkan fenomena pada orangtua yang belum mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki anaknya, mereka hanya bisa merawat secara fisik dan memberikan asupan.Untuk itu diperlukan lembaga pendidikan prasekolah yang dapat mengoptimalkan potensi anak usia dini. Pada kenyataannya pendidikan yang ada sekarang ini tidak berorientasi pada kebutuhan anak, sehingga tidak dapat memekarkan segala potensi yang dimiliki anak, ataupun jika ada yang terjadi adalah ketidakseimbangan yang cenderung memekarkan aspek kognitif saja. Hal ini terjadi karena pola pemikiran tradisional yang lebih menekankan pada kemampuan verbalnya (bahasa) dan logis-matematis (matematika dan sains) dalam menjalankan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sistem yang digunakan dalam optimalisasi potensi Multiple Intelligences pada anak usia dini dan hasil optimalisasi potensi Multiple Intelligences. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah dalam pendidikan nilai pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan teknik serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sistem pembelajaran yang dilakukan dalam optimalisasi potensi Multiple Intelligences adalah: dengan sistem sentra yang terdiri dari (a) Sentra IMTAQ. (b) Sentra bermain peran. (c) Sentra persiapan. (d) Sentra kontruksi. (e) Sentra seni & budaya. (f) Sentra bahan alam. (2) hasil yang dicapai dalam optimalisasi potensi multiple intelligences adalah: (a) linguistik :bercerita, menjawab pertanyaan, meyebutkan dan menghafal. (b) matematis: menggelompokan benda, mengurutkan bilangan, menyusun puzzle, menjawab soal matematika. (c) spasial-visual : mewarnai, melukis, menggambar. (d) kinestik : membuat kerajinan dari plastisin, menjiplak, meniru garis, melipat kertas, meronce, menggunting, berdiri dengan tumit, gerakan tubuh. (e) musikal : menyanyikan lagu, menciptakan alat musik sederhana, bertepuk tangan membuat pola, memainkan alat musik. (f) interpersonal : bersikap ramah, mengucapkan salam, meminta tolong, mengucapkan terimakasih, berbahasa sopan, berbagi makanan, tolong-menolong, bekerjasama. (g) intrapersonal : mandiri, mentaati peraturan.(h) naturalis : membersihkan lingkungan, mengenal flora dan fauna, mengategorikan (i) eksistensialis : berdoa, menyanyikan lagu islami, beribadah,mengetahui ciptaan Allah. %D 2014 %K Kata kunci : Multiple Intelligences, Anak Usia Dini, TK Islam Tunas Melati. %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib15017