@phdthesis{digilib15018, month = {October}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VIII KEPADA GURU DI SMP NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10470079 ALFIYANA KHOIROTUN NAFI?AH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si }, keywords = {Kata Kunci: Jejaring sosial Facebook, Perilaku.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15018/}, abstract = {Alfiyana Khoirotun Nafi?ah. Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII Kepada Guru di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini bahwa dengan kemajuan teknologi informasi salah satunya adalah jejaring sosial facebook. Saat ini jejaring sosial facebook sangat digandrungi oleh semua kalangan usia, salah satunya adalah usia remaja dimana pada usia ini mereka sangat ingin bebas dari pantauan orang tuanya. Dengan adanya jejaring sosial ini, para remaja bebas melakukan aktivitas apapun di facebooknya tanpa adanya batasan apapun yang berpengaruh terhadap perilakunya. Sehingga timbul berbagai permasalahan yang sering terjadi saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta dengan alasan bahwa sekolah ini terdapat jaringan internet dengan kecepatan 3 Megabyte Per Second (Mbps) dan siswa boleh membawa handphone atau laptop. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara mengolah data dari lapangan sehingga menghasilkan data untuk mengkonfirmasi kembali teori yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan jejaring sosial facebook oleh siswa kelas VIII di SMP Negeri Sleman terhadap guru menunjukkan tidak signifikan yaitu angka kepercayaan 95\% hasilnya besarnya angka signifikansi phi sebesar 0,490 yang lebih besar dari 0,05 dan nilai r2 sebesar 0,004. Dimana variabel penggunaan facebook hanya dapat menjelaskan perubahan variabel perilaku sebesar 0,4\%. Sedangkan 99,6\% tidak bisa dijelaskan oleh variabel penggunaan facebook. Artinya masih ada variabel atau faktor lain yang memungkinkan memiliki pengaruh terhadap perilaku siswa yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini bisa dilihat bahwa siswa kelas VIII tersebut untuk membuka facebook yakni 3 hari sekali dalam seminggu atau jika dilihat dari tingkat kepuasannya mereka merasa kurang puas dan pada akhirnya para remaja saat ini selalu mencari hal-hal atau media yang lain yang dirasa sangatlah nyaman untuk memenuhi kebutuhannya. } }