<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n"^^ . "ALFI NI‟MATIN KHOIRONI, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di\r\nRA Sunan Pandanaran Yogyakarta (Studi Analisis dalam Ranah Kognitif, Afektif\r\ndan Psikomotorik), Tesis, Jurusan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA)\r\nProgram Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013.\r\nKata kunci: Karakter Anak Usia Dini, Ranah Kognitif, Afektif,\r\nPsikomotorik.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di\r\nRA Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nmengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian\r\nmenggunakan pendekatan fenomenologi dengan analisis data yang dapat\r\nmemberikan makna untuk diambil kesimpulan. Tujuannya untuk mengkaji\r\nurgensi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dalam pendidikan karakter.\r\nHasil penelitian menunjukkan Konsep pendidikan karakter di RA Sunan\r\nPandanaran adalah dengan memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam setiap\r\nprogram sekolah, seperti kegiatan keagamaan/TPA (Taman Pendidikan Alquran);\r\nKegiatan Belajar Mengajar (KBM), kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan\r\nnonkurikuler. Konsepnya memuat ranah kognitif, afektif dan psikomotorik,\r\ntersirat dalam visi dan misi RASPA.\r\nPendidikan karakter yang diimplementasikan di RA Sunan Pandanaran\r\ndilakukan terintegrasi dengan materi yang ada, dan nilai karakter itu sendiri tidak\r\ndijadikan sebagai bahan ajar. 18 nilai karakter yang disajikan sebagai materi\r\npendidikan karakter tertuang dalam RKH dengan target minimum 3 nilai-karakter\r\nsetiap harinya. Implementasinya secara tersirat sudah termasuk dalam kategori\r\n“rankap” (ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik). Materi-materi dalam\r\nkegiatan belajar mengajar RASPA sudah diintegrasikan secara tertulis dengan\r\nnilai-nilai karakter, dikembangkan dan disajikan dalam RKH. Sedangkan materimateri\r\ndalam kegiatan ekstrakurikuler maupun nonkurikuler ini sebenarnya sudah\r\ndiintegrasikan dengan 18 nilai karakter, namun realisasi susunan program\r\npendidikan karakternya baru terwujud secara lisan.\r\nKegiatan belajar mengajar di RASPA sudah berpedoman pada ranah KAP\r\n(ranKAP) tersebut, namun belum bisa dikatakan memenuhi target pendidikan\r\nkarakter yang menjabarkan ranKAP secara detil. Namun demikian ada beberapa\r\ndampak yang terlihat bagi perkembangan anak secara kognitif, afektif dan\r\npsikomotorik, di antaranya: (1) Secara kognitif, pengetahuan dan pemahaman\r\nanak berkembang terutama dalam hal beragama maupun dalam kegiatan\r\npembelajaran di kelas; (2) Secara afektif, rasa peduli terhadap sesama dan peduli\r\nterhadap lingkungan sekitar lebih mendominasi, terutama dalam kegiatan\r\nnonkurikuler, Jiwa sosial anak tampak berkembang dengan baik; dan (3) Secara\r\npsikomotorik, perkembangannya ditunjukkan dalam praktek keagamaan yang\r\ndiwujudkan dalam kegiatan TPA serta ditunjukkan dalam kegiatan\r\nekstrakurikuler. Dampak positif yang muncul terhadap perkembangan\r\nkepribadian anak didik RA Sunan Pandanaran ini tentunya sangat bergantung dari\r\ndukungan berbagai pihak seperti orang tua, guru, kepala sekolah, masyarakat,\r\nlingkungan, dan kemajuan teknologi.\r\n"^^ . "2014-10-29" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA , UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10261023"^^ . "ALFI NI’MATIN KHOIRONI "^^ . "NIM. 10261023 ALFI NI’MATIN KHOIRONI "^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Text)"^^ . . . "10261023_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Text)"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI\r\nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA\r\n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #15035 \n\nPENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI \nDI RA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA \n(STUDI ANALISIS DALAM RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Raudhatul Athfal" . .