TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag., M.Pd ID - digilib15114 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15114/ A1 - BAMBANG PRASETYO , NIM. 1220411203 Y1 - 2014/08/26/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan lembaga non formal Salafiyah ?Ulya pondok pesantren tahfidzul qur?an Harun Asy-Syafi?i terhadap buku ajar bahasa Arab yang sesuai dengan kurikulum pondok pesantren, memudahkan dalam pembelajaran bahasa arab fusha, membantu siswa dalam menghafal Al-Qur?an, memahami maknanya dan beriqtibas dengan pola kalimat Al-Qur?an dan Atsar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar dan menguji kelayakan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian dan pengembangan ( rsearch and development), yaitu menggunakan metode Dick & Carey dan Borg & Gall yang disederhanakan. Maka prosedur pengembangan bahan ajar dilakukan dalam enam tahap yaitu : 1) Melakukan analisis kebutuhan melalui observasi, studi literatur, dan analisis karakteristik peserta didik. 2) Menyususn desain pengembangan dengan pedoman pada kurikulum mata pelajaran bahasa Arab PPTQ Harun Asy-Syafi?i, 3) Menyusun produk awal, 4. Mengevaluasi produk oleh validator ahli dan melakukan revisi berdasarkan masukan ahli. 5. Melakukan uji coba lapangan dan revisi buku. 6. Menyusun produk akhir. Hasil penelitian berupa buku ajar berjudul ?al-?Arabiyah li al-Salafiyah al-?Ulya (?ala at-?ar?qah al-Mutak?milah al-Muyassarah min at-Tar?kib al-Qur??niyah wa al-Atsariyah)?. Buku pendamping pembelajaran ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan merujuk kepada kurikulum PPTQ Harun Asy-Syafi?i. Struktur bahan ajar terdiri dari: 1) sampul depan, 2) kata pengantar, 3) Daftar isi, 4) sampul setiap unit pelajaran, 5) tahapan pembelajaran yang terdiri atas dua unit pembahasan, yang terbagi dalam sepuluh unit materi pelajaran, yaitu ????????? ????????? ?????? ??? ????????? ????????? ????? ??????? ?????? ??? ????? ??????? ????? ?????? ??? ???? ???? ??????? ???? ???? ?????? ???????? ??? ????? ??????? ???? ???? ??????? ????? ??? ??????? ???????? ??? ??????? , 6) kamus kosa-kata, dan 7) daftar rujukan. Setelah dilakukan uji validasi bahan ajar oleh ahli desain, didapati rerata total untuk aspek tampilan adalah 4,6 dengan kategori ?Sangat Baik?. Sedangkan dari aspek penyajian rerata totalnya adalah 4,15 dengan kategori ?Baik?. Dari aspek materi, diketahui bahwa penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran dengan rerata total skor 4,4 dengan kategori ?Sangat Baik Sekali?. Sedangkan dari aspek penyajian, rerata total skornya adalah 4,4 dengan kategori ?Sangat Baik?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku ajar dari aspek desain dan aspek isi/materi sudah layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Adapun respon siswa terhadap kualitas buku ajar yang dikembangkan pada aspek desain, dihasilkan rerata total skor 4,36 dengan kategori ?Sangat Baik?. Sedangkan dari aspek materi, dihasilkan rerata total skor 4,4 dengan kategori ?Sangat Baik?. Dengan demikian buku ajar berjudul ?al-?Arabiyah li al-Salafiyah al-?Ulya (?ala at-?ar?qah al-Mutak?milah al-Muyassarah min at-Tar?kib al-Qur??niyah wa al-Atsariyah)? direspon positif oleh siswa dan validator ahli, sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab. PB - UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: desain buku ajar KW - pengembangan bahan ajar KW - buku ajar bahasa Arab KW - bahasa arab al-Qur?an KW - tarkib al-Qur?an. M1 - masters TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB INTEGRATIF BERBASIS TARKIB AL-QUR?AN DAN ATSAR UNTUK SALAFIYAH ULYA PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR?AN HARUN ASY-SYAFI?I KARANGKAJEN KOTA YOGYAKARTA AV - restricted ER -