<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n"^^ . "Ahmad Sulthon. 2014. KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n(Melacak Muatan Nilai-nilai Multikultural dalam Kurikulum Pondok Pesantren\r\nSunan Drajat Banjarwati Paciran Lamongan). Tesis, Program Studi Pendidikan\r\nIslam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.\r\nPembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A\r\nPenelitian ini berawal dari fenomena-fenomena yang nampak menyangkut\r\nnilai-nilai pendidikan multikultural terdapat di lingkungan Pondok Pesantren\r\nSunan Drajat. Sebagaimana diketahui bahwa Pondok Pesantren Sunan Drajat telah\r\nmemasukkan nilai-nilai multikultural dalam pengembangan kurikulum baik dalam\r\naspek perencanaan, implementasi, maupun dalam evaluasi kurikulum. Nilai\r\nmultikultural yang dimaksud adalah nilai demokrasi, hal ini didasarkan pada fakta\r\nadanya keterlibatan banyak pihak dalam menyusun dan mengembangkan\r\nkurikulum Pondok Pesantren Sunan Drajat.Di samping fakta tersebut,\r\nkeberadaaan nilai-nilai multikultural di lingkungan Pondok Pesantren Sunan\r\nDrajat juga dapat diasumsikan terkait denga fakta bahwa pondok pesantren ini\r\nmemiliki ribuaan santri dengan latar belakang daerah yang sangat beragam. Jika\r\nlatar belakang daerah asal santri tersebut tidak dikelolah dengan memperhatikan\r\nnilai-nilai multikultural, maka sangat potensial akan terjadi konflik di dalamnya.\r\nPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan\r\nkualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti\r\nsendiri sebagai key instrument, sedangkan untuk menentukan sumber data\r\nmanusia menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data\r\ndilakukan dengan cara; (1) wawancara mendalam; (2) observasi berperanserta;\r\ndan (3) studi dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif\r\nyang penerapannya dilakukan dalam tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data,\r\npenyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk mengetahui\r\nkredibilitas data, dilakukan dengan berbagai teknik, yaitu (1) triangulasi; (2)\r\npengecekan sejawat; dan (3) pengecekan anggota (member check).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, perencanaan kurikulum\r\nPondok Pesantren Sunan Drajat Dari, segi prosesnya, dua nilai multikultural yaitu\r\nnilai demokrasi dan nilai keadilan ditemukan dalam perencanaan kurikulum,\r\nterutama dalam musyawarah kerja dan workshop. Dalam kegiatan ini, setiap\r\npeserta memiliki hak yang sama dalam berpendapat sehingga tercipta suasana\r\nyang demokratis, adil, dan terbuka. Hasil dari perencanaan kurikulum adalah\r\ndokumen kurikulum yang terdiri atas: progam pendidikan, struktur kurikulum,\r\nkalender akademik, silabus, dan rencana pembelajaran.Berdasarkan analisis\r\nditemukan bahwa dokumen kurikulum tersebut memuat nilai-nilai multikultural.\r\nDua nilai multicultural yaitu, nilai kesamaan dan keadilan terdapat dalam produk\r\nperencanaan kurikulum Pondok Pesantren Sunan Drajat, terutama dalam progam\r\npendidikan. Hal ini dapat dilihat dari keputusan bahwa PPSD memberikan\r\npeluang yang sama dan adil kepada semua santri tanpa membedakan asal – usul\r\nmereka.Kedua, Implementasi kurikulum Pondok Pesantren Sunan Drajat.\r\nBerdasarkan analisis ditemukan bahwa implementasi kurikulum PPSD telah\r\nmemuat nilai-nilai multicultural. Nilai-nilai multikultural, antara lain, terdapat\r\ndalam buku ajar yang digunakan di PPSD, yaitu: nilai solidaritas, dan\r\nkebersamaan, nilai kasih sayang dan memaafkan, serta nilai perdamaian dan\r\ntoleransi.. Nilai multikultural lain seperti nilai demokrasi dan nilai keragamanjuga\r\nditemukan dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran, dan interaksi\r\nyang demokrasi antara guru dengan peserta didik, baik dalam pemilihan tempat\r\npembelajaran maupun dalam pembentukan kelompok, pengajuan pertanyaan, dan\r\npenglibatan peserta didik dalam proses pembelajaran.Ketiga, Urgensi\r\nimplementasi kurikulum pesantren berbasis nilai-nilai Pondok Pesantren Sunan\r\nDrajat Lamongan karena bebrapa aspek, yaitu pertama, realitas santri yang sangat\r\nplural hal itu bisa dilihat dari asal usul daerah santri yang menimba ilmu di\r\nPondok Pesantren Sunan Drajat, kedua pengaruh budaya dan etnisitas terhadap\r\nperkembangan budaya, ketiga benturan global antar kebudayaan santri, keempat,\r\nefektifitas belajar tentang perbedaan, dan kelima, kekerasan atas nama agama, isu\r\nsaling mengkafirkan antarkelompok pengikut agama, tuduhan tidak selamat jika\r\nmenganut agama di luar yang dianut, saling murtad-memurtadkan, dan\r\nkeberadaan orang lain diposisikan sebagai ancaman masih sering dijumpai di\r\ndalam praktik pendidikan agama baik secara terang-terangan maupun secara\r\nhalus.\r\n"^^ . "2014-08-26" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1220410128"^^ . "AHMAD SULTHON "^^ . "NIM. 1220410128 AHMAD SULTHON "^^ . . . . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Text)"^^ . . . "1220410128_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Text)"^^ . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL\r\n\r\n\r\n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #15120 \n\nKURIKULUM PESANTREN MULTIKULTURAL \n \n \n(MELACAK MUATAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM KURIKULUM PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .