@mastersthesis{digilib15126, month = {August}, title = {DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI PESANTREN RIFAIYAH (1974-2014) }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 1220410074 AMIR MAHMUD }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Prof. Dr. Faishal Ismail, MA. }, keywords = {Kata kunci: dinamika, pesantren, dan kurikulum pendidikan.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15126/}, abstract = {Pendidikan pesantren merupakan salah satu soko guru pendidikan nasional Indonesia, meskipun akhirnya pemerintah sejak awal kemerdekaan mempergunakan pendidikan sistem pendidikan Belanda sebagai acuan sistem pendidikan nasional, tetapi peran pesantren tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam pola pengembagan sistem pendidikanya pesantren mengalami beberapa perubahan, perubahan itu bisa saja di dasarkan atas respond dan tuntutan perkembangan zaman, atau juga sebagai budaya kooperatif antara pesantren dan pembangunan pendidikan nasional. Perubahan dan pembengangan dunia pesantren pada umumnya dibangun melalui kurikulum pendidikanya. Kurikulum pendidikan pesantren sudah mengalami banyak dinamika perubahan sesuai dengan perkembangan kelembagaanya, pergeseran kurikulum pesantren salaf, pesantren khalaf dan banyaknya pesantren modern tentu saja perubahan itu dimulai dari kurikulum pendidikan dan orientasi pengembangan intelektual dalam lembaga pendidikan pesantren tersebut. Pesantren Rifaiyah yang bertempat di desa Sundoluhur Kayen Pati, merupakan pesantren Rifaiyah pertama yang mengambil inisiatif untuk mengembangkan pendidikan formal, ada ketakutan ketika mengembangkan pendidikan formal maka pendidikan pesantren akan kurang diperhatikan, tetapi perkembangan yang berkesinambungan menghasilkan sebuah dinamika pengembangan kurikulum yang berkelanjutan. Dalam melihat problematika pengembangan kurikulum pertanyaan akan muncul mengenai bagaimana bentuk perubahan kurikulum di Pesantren Rifaiyah, terlebih bagaimana bentuk dinamika pengembangan kurikulum Rifaiyah yang mengalami pasang surut dalam mengembangkan kurikulum pendidikanya. Penelitian ini mempunyai beberapa permasalahan mendasar yang akan dijelaskan secara kronologis-historis, oleh karena ini metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian sejarah, untuk melihat kejadian sejarah yang ada dalam pengembangan lembaga pendidikan pesantren tersebut, terutama kronologis bagaimana bentuk perubahan dan pengembangan kurikulum itu berjalan, dan bagaimana hubunganya terhadap proses kepemimpinan, dan bagaimana bentuk kepemimpinan mempengaruhi kebijakan dalam pengembangan dan perubahan kurikulum pendidikan pesantren Rifaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan yang menggunakan pespektif sejarah untuk menggali data secara kronologis-historis dalam menganalisa pengembangan kurikulum pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan. Beberapa kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mengenai pengaruh kepemimpinan pesantren dalam pengembangan kurikulum pendidikan pesantren, pergantian pemimpin membawa dampak yang signifikan terhadap kebijakan dan orientasi perubahan kurikulm pendidikan pesantren, pergantian pemimpinan pesantren membawa sebuah dinamika perubahan dan perkembangan. Perubahan dan dinamika pengembangan kurikulum pesantren Rifaiyah lebih banyak dipengaruhi faktor kepemimpinan pesantren yang membawa orientasi pendidikan pesantren, bahkan perubahan kurikulum pesantren tidak banyak terlihat ketika perubahan kurikulum pendidikan nasional mengalami banyak perubahan. } }