%A NIM.  1220410074 AMIR MAHMUD  
%O Pembimbing :  Prof. Dr. Faishal Ismail, MA.


%T DINAMIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI PESANTREN
RIFAIYAH
(1974-2014)

%X Pendidikan pesantren merupakan salah satu soko guru pendidikan nasional
Indonesia, meskipun akhirnya pemerintah sejak awal kemerdekaan
mempergunakan pendidikan sistem pendidikan Belanda sebagai acuan sistem
pendidikan nasional, tetapi peran pesantren tidak bisa dipandang sebelah mata.
Dalam pola pengembagan sistem pendidikanya pesantren mengalami beberapa
perubahan, perubahan itu bisa saja di dasarkan atas respond dan tuntutan
perkembangan zaman, atau juga sebagai budaya kooperatif antara pesantren dan
pembangunan pendidikan nasional. Perubahan dan pembengangan dunia
pesantren pada umumnya dibangun melalui kurikulum pendidikanya. Kurikulum
pendidikan pesantren sudah mengalami banyak dinamika perubahan sesuai
dengan perkembangan kelembagaanya, pergeseran kurikulum pesantren salaf,
pesantren khalaf dan banyaknya pesantren modern tentu saja perubahan itu
dimulai dari kurikulum pendidikan dan orientasi pengembangan intelektual dalam
lembaga pendidikan pesantren tersebut. Pesantren Rifaiyah yang bertempat di
desa Sundoluhur Kayen Pati, merupakan pesantren Rifaiyah pertama yang
mengambil inisiatif untuk mengembangkan pendidikan formal, ada ketakutan
ketika mengembangkan pendidikan formal maka pendidikan pesantren akan
kurang diperhatikan, tetapi perkembangan yang berkesinambungan menghasilkan
sebuah dinamika pengembangan kurikulum yang berkelanjutan. Dalam melihat
problematika pengembangan kurikulum pertanyaan akan muncul mengenai
bagaimana bentuk perubahan kurikulum di Pesantren Rifaiyah, terlebih
bagaimana bentuk dinamika pengembangan kurikulum Rifaiyah yang mengalami
pasang surut dalam mengembangkan kurikulum pendidikanya.
Penelitian ini mempunyai beberapa permasalahan mendasar yang akan
dijelaskan secara kronologis-historis, oleh karena ini metode penelitian yang
digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian sejarah, untuk melihat kejadian
sejarah yang ada dalam pengembangan lembaga pendidikan pesantren tersebut,
terutama kronologis bagaimana bentuk perubahan dan pengembangan kurikulum
itu berjalan, dan bagaimana hubunganya terhadap proses kepemimpinan, dan
bagaimana bentuk kepemimpinan mempengaruhi kebijakan dalam pengembangan
dan perubahan kurikulum pendidikan pesantren Rifaiyah. Penelitian ini
merupakan penelitian pendidikan yang menggunakan pespektif sejarah untuk
menggali data secara kronologis-historis dalam menganalisa pengembangan
kurikulum pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan.
Beberapa kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah mengenai
pengaruh kepemimpinan pesantren dalam pengembangan kurikulum pendidikan
pesantren, pergantian pemimpin membawa dampak yang signifikan terhadap
kebijakan dan orientasi perubahan kurikulm pendidikan pesantren, pergantian
pemimpinan pesantren membawa sebuah dinamika perubahan dan perkembangan.
Perubahan dan dinamika pengembangan kurikulum pesantren Rifaiyah lebih
banyak dipengaruhi faktor kepemimpinan pesantren yang membawa orientasi
pendidikan pesantren, bahkan perubahan kurikulum pesantren tidak banyak
terlihat ketika perubahan kurikulum pendidikan nasional mengalami banyak
perubahan.

%K Kata kunci: dinamika, pesantren, dan kurikulum pendidikan.
%D 2014
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%L digilib15126