%A NIM. 1220410064 LAILY FAUZIYAH %O Pembimbing : Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA. %T STUDI EVALUATIF TERHADAP PROFESIONALISME GURU PAI PASCA SERTIFIKASI DI SMP N 1 SEWON BANTUL %X Laily Fauziyah. Studi Evaluatif Terhadap Profesionalisme Guru PAI Pascasertifikasi di SMP N 1 Sewon Bantul. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Jurusan Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan penulis terhadap penyimpangan di beberapa daerah mengenai guru yang telah lolos sertifikasi guru namun megajar tidak sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai, kemampuan dan kualitas guru sama saja, tidak memenuhi jam kerja minimal 24 jam/pekan pekan seperti ketentuan yang berlaku, guru sebelum mengajar tidak membuat persiapan sebelum mengajar baik persiapan harian maupun persiapan yang lainnya. Dengan kata lain, ada atau tanpa sertifikasi, kondisi dan kemampuan guru sama saja. Sertifikasi pendidik ini mengacu pada UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Sedangkan guru yang telah mendapat sertifikat pendidikan dianggap sebagai guru profesional. Salah satu visi dan misi SMP N 1 Sewon adalah meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dengan melek IT dan melalui lesson study. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalisme guru PAI pascasertifikasi, untuk mengetahui hasil evaluasi guru terhadap profesionalisme guru PAI pascasertifikasi dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap profesionalisme di SMP N 1 Sewon Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan pendekatan evaluatif. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, interpretasi, dan penyajian data. Uji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Berdasarkan hasil penelitian terhadap guru PAI di SMP N 1 Sewon Bantul, telah memiliki standar kompetensi minimalyaitu kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional kompetensi sosial dan kompetensi kepemimpinan rata-rata baik. (2). CIPP (konteks, input, proses dan produk/hasil) dalam mengevaluasi profesionalisme guru PAI pascasertifikasi SMP N 1 Sewon Bantul sudah mencakup secara keseluruhan aspek penting dalam evaluasi. Hasil dari evaluasi tersebut adalah profesionalisme guru PAI pascasertifikasi telah berlangsung secara baik. (3). analisis yang digunakan menentukan faktor pendukung dan penghambat dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Pertama, Faktor kekuatan meliputi kualifikasi akademik guru, kompetensi yang dimiliki guru, kesejahteraan guru yang semakin baik pascasertifikasi, adanya pembelajaran yang menggunakan sistem lesson Study. Kedua, faktor kelemahan meliputi sarana prasarana pembelajaran yang kurang memadai, beban kerja yang berlebih, kurangnya pembinaan yang diikuti oleh guru dan kebijakan pemerintah yang sering berubahubah dalam bidang pendidikan. Ketiga, faktor peluang, meliputi, sekolah akan semakin maju, mutu pendidikan meningkat, kesejahteraan guru semakin meningkat. Keempat, faktor ancaman, meliputi: daya saing dengan sekolah lain, jika guru tidak melek IT maka akan semakin tertinggal, adanya guru tambahan yang kurang berkuatas. %K Kata kunci: Evaluasi, Sertifikasi guru, Kompetensi dan Profesionalisme guru %D 2014 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %L digilib15127