<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n"^^ . "Inti logika Aristoteles terletak pada silogisme, yaitu suatu bentuk\r\ninferensi (penarikan kesimpulan) yang terdiri dari tiga proposisi, yaitu mayor,\r\nminor dan konklusi. Model yang digunakan “jika... maka”. Contoh, jika A adalah\r\nB, B adalah C, maka A adalah C. Metode ini digunakan sebagai pola menemukan\r\nilmu pengetahuan, dikenal dengan metode deduktif, yaitu gerak nalar\r\nmenyimpulkan dari gejala umum untuk kemudian ditarik kepada suatu\r\nkesimpulan yang khusus. Logika Aristoteles memberikan pengaruh dan bertahan\r\ncukup lama, baik di dunia Islam maupun Barat, dengan berbagai tanggapan kritik\r\nyang berbeda. Dari dunia Islam pengkritik yang terpopuler adalah Ibn Taimiyah\r\nmelalui karyanya al-Naqd al-Manthiq dan al-Radd ‘ala al-Mantiqiyyīn,\r\nsedangkan dari Barat yaitu Francis Bacon melalui maha karya Novum Organum.\r\nPersoalan yang hendak diketahui dalam tesis ini adalah mencari latar\r\nbelakang munculnya kritik Ibn Taimiyah dan Francis Bacon terhadap logika\r\ntradisional Aristoteles, ditunjau dari kondisi sosial, budaya dan iklim\r\nperpolitikan di saat itu, mencari persamaan dan perbedaaan pemikiran kritik Ibn\r\nTaimiyah dan Francis Bacon pada zamannya masing-masing terhadap logika\r\ntradisional Aristoteles, serta bagaimana implikasi pemikiran kedua tokoh\r\ntersebut. Namun harapan kemudian berujung pada mencari jawaban dari satu\r\npertanyaan, kenapa epistemologi di dunia Islam tidak semaju dunia Barat?\r\nKerangka teori dalam tesisi ini, menggunakan teori paradigma Thomas S.\r\nKhun, dengan teori revolusi pengetahuan yang mengaitkan antara sain yang\r\nnormal (normal science) - anomali – krisis – paradigma baru. Logika Aristoteles\r\ndi posisikan sebagai sain normal, sedangkan anomali krisis adalah cacat-cacat\r\nlogika tradisional Aristoteles yang tidak bisa menyelesaikan persoalan-persoalan\r\nyang terjadi pada masa Ibn Taimiyah dan Francis Bacon. Adapun pemikiranpemikiran\r\nkritik Ibn Taimiyah dan Francis Bacon penulis anggap sebagai\r\nparadigma barunya. Kritik Ibn Taimiyah dan Francis Bacon terhadap logika\r\ntradisionalis Aristoteles merupakan objek material dalam penelitian ini,\r\ndiuraikan dengan menggunakan pendekatan filsafat ilmu, terutama ditinjau dari\r\nsegi empistemologinya.\r\nPada masa Ibn Taimiyah dan Francis Bacon, logika Aristoteles\r\nmendapatkan anomali dan tidak bisa menyelesaikan krisis persoalan-persoalan\r\nyang terjadi. Maka Ibn Taimiyah dan Francis Bacon mengkritik dan\r\nmemunculkan paradigma baru. Agar pengetahuan berkembang, maka metode\r\nlogika Aristoteles lambat laun ditinggalkan. Kritik keduanya memunculkan\r\nparadigma baru epistemologis, bermuara pada metode yang lebih realis-empiris,\r\ndan lembih praktikal dari pada metode deduktif logika Aristoteles yang terkesan\r\nhanya kontemplatif, bersandar pada konsistensi berfikir semata.\r\nBeberapa hasil temuan dalam penelitian tesis ini adalah bahwa kritik Ibn\r\nTaimiyah berlatar belakang agama dan politk, sedangkan Bacon murni\r\npengembangan filsafat alam. Ibn Taimiyah memposisikan logika Aristoteles\r\nsebagai sumber kerusakan akidah, sedangkan Francis Bacon menanggapi logika\r\nAristoteles mencapai titik krisis yaitu tidak mampu melahirkan ilmu baru,\r\nterutama ketika dibenturkan dengan upaya penguasaan alam. Melalui pola\r\nskolastik, Ibn Taimiyah membangun metode-metode ilmu agama dan sekaligus\r\nmengkritik logika Aristoteles dengan menggunakan teori al-tajribah al-ḥissiyyah\r\n(metode empiris), al-mutawātirāt (kabar dari orang banyak) dan istiqrā’\r\n(penalaran induktif). Sedangkan Bacon mengembangkan metode induktif filsafat\r\nalam murni. Ia menawarkan metode induktif modern guna mendapatkan\r\nkebenaran ilmiyah yang lebih konkret, praktis, mensistematisasi prosedur\r\nilmiyah secara logis, dan bermanfaat positif terhadap kehidupan manusia.\r\nKritik Ibn Taimiyah terhadap logika Aristoteles lebih komprehensif dan\r\ndetail dibandingkan Bacon, namun ia lemah dalam menyusun sistem metode\r\nrealis-empirisnya. Akibatnya, fakta-fakta observasi empirik tidak dikembangkan\r\noleh para pengikut Ibn Taimiyah, yang justru dikembangkan adalah makna\r\npenting berpegang kepada al-Quran dan al-Sunnah, dengan menggunakan nalar\r\nliteralis. Akibatnya epistemologi di dunia Islam menjadi stagnan, dan\r\nmembentuk peradaban ilmu teknologi yang masih marginal. Berbeda halnya\r\ndengan Bacon yang mampu memberikan sistematisasi metode realis-empiris\r\ninduktifnya. Metode filsafat alam ala Bacon mengakar kuat di Barat, mampu\r\nberkarya dengan penemuan baru penguasaan alam, memiliki aplikasi positiv\r\nuntuk menciptakan kenyamanan kehidupan manusia. Terlebih lagi pengikut\r\nBacon, betu-betul mengembangkan metode induksi, bahkan mengalami evolusi,\r\nrevisi dan revitalisasi berulang kali. Unntuk saat ini, Barat jauh lebih maju dari\r\ndunia Islam dalam penguasaan alam.\r\n"^^ . "2014-07-12" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1220510067"^^ . "JEMIL FIRDAUS "^^ . "NIM. 1220510067 JEMIL FIRDAUS "^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Text)"^^ . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Text)"^^ . . . "1220510067_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf"^^ . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES\r\n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #15135 \n\nKRITIK TERHADAP LOGIKA ARISTOTELES \n(STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IBN TAIMIYAH DANFRANCIS BACON) \n\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .