<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI"^^ . "Penelitian ini membahas epistemologi Muhammad Taqi Mishbah Yazdi dan\r\nbagaimana kontribusinya bagi pemikiran modern, Epistemologi dinilai penting karena\r\ndalam sejarahnya, epistemologi tidak pernah terlepas dari respon atas berkembangnya\r\nskeptisisme, Kompleksitas modernisme melahirkan berbagai masalah-maslah tentang\r\nskeptisisme, termasuk fundamentalisme dan ateisme, manusia cenderung memasuki antara\r\ndua ektrem antara menyingkirkan nalar, atau mengakui hanya nalar. Salah satu untuk\r\nmengatasi masalah ini adalah dengan epistemologi.\r\nMishbah Yazdi merupakan filosof Iran Kontemporer Mishbah Yazdi hidup pada saat\r\ntiga mazhab besar filsafat Islam, Peripatetik (masysya῾i) dari Ibn Sina, illuminasi\r\n(Isyrāqῑ)) dari Suhrawardi, dan Hikmah al-Muta’āliyyah dari Mulla Sadra, telah mencapai\r\ntitik kulminasinya. Karya-karya referensial dan interpretatrif tiga aliran yang memenuhi\r\nrak-rak semua perpustakaan hawzāh ‘ilmiyyah Qom. Hal ini memeberikan kesempatan\r\npada Mishbah Yazdi untuk melakukan komparasi, kompilasi dan elaborasi, yang pada\r\nakhirnya membuatnya mampu menghadirkan gagasan-gagasan filsafat yang kreatif dan\r\nkritis.Oleh karena itu, pandangan-pandangan filsafat Mishbah Yazdi mencerminkan sosok\r\nrasionalis yang sangat berani mendobrak tradisi pemikiran filsafat para filosof sebelumnya\r\nyang menurutntya telah menjadi semacam postulat dan disakralkan.\r\nPenelitian ini, menggunakan teori epistemologi dari Murtadha Muthahhari dan\r\nImmanuel Kant. Menurut Murtadha Muthahhari ada hubungan antara epistemologi,\r\npandangan dunia, ideologi, dan pengamalan. Sedangkan Immanuel Kant digunakan\r\nsebagai kerangka teori, karena Kant dikenal sebagai filosof yang melakukan sintesis antara\r\nrasionalisme dan empirisisme, ada beberapa periode dalam perjalanan pemikiran filsafat\r\nKant, periode rasionalis kemudian periode empiris sebelum akhirnya pada periode kritis.\r\nPada periode kritis inilah letak sintesisnya.\r\nPenelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa; Pertama,manusia memperoleh\r\npengetahuan memalui hudlūrῑ (tanpa perantara) dan huṣūlῑ (melalui perantara), dengan\r\nhudlūrῑ manusia memperoleh pengetahuan yang pasti, melalui huṣūlῑ manusia mempunyai\r\nintrumen berupa indera dan akal. Dalam epistemologi Mishbah Yazdi akal bukan hanya\r\nsebagai instrumen, namun juga sebagai sumber pengetahuan. pengetahuan yang bersumber\r\ndari alam disebut sebagai konsep primer (al-ma’qulāh al-‘ulā), terdiri dari konsep\r\nmāhiyah, sedangan pengetahuan yang bersumber dari akal, disebut konsep sekunder (alma’qulāh\r\nal-tṡāniyah), terdiri dari konsep logika dan konsep filsafat.\r\nPengetahuan menurut Mishbah Yazdi, terbagi juga menjadi dua yaitu: taṣawwūr\r\n(konsepsi) dan taṣdῑq (afirmasi), setiap taṣdῑq pasti sebelumnya merupakan taṣawwūr,\r\nmustahil ada taṣdῑq tanpa sebelumnya taṣawwūr. Pertama: melalui pengetahuan taṣawwūr\r\ndiperoleh melalui konsep partikular dan konsep universal. Konsep universal ini digunakan\r\nuntuk mendefiniskan suatu objek. Sekaligus konsep ini juga sebagai kritik terhadap\r\nempirisisme, bahwa konsep ini tidak berasal dari persepsi indera. Melalui pengetahuan\r\ntaṣawwūr juga diperoleh konsep primer terdiri dari konsep māhiyah dan konsep sekunder\r\nyang terdiri dari konsep sekunder filsafat dan konsep sekunder logika. Dengan konsep\r\nsekunder ini manusia bisa sampai pada pengetahuan yang mandiri, karena dalam konsep\r\nini bukan berasal dari alam melainkan dari analisis akal dan melalui tindakan\r\nperbandingan. Misalnya adalah konsep kausalitas. Kedua, Pengetahuan taṣdῑq (afirmasi)\r\nadalah menilai konsep, berarti taṣdῑq berkaitan dengan proposisi, menurut Mishbah Yazdi,\r\ndalam taṣdῑq yang berperan dan menjadi prioritas adalah akal, bahkan tidak membutuhkan\r\npengalaman inderawi, misal: pertama dalam proposisi analitis yang konsep predikatnya\r\nsudah terkandung pada subjek. Kedua, dalam proposisi yang badῑhῑ tidak membutuhkan\r\npada pengalaman inderawi, meskipun dalam taṣawwūr atau konsepsinya membutuhkan\r\npancaindera. Misalnya: badῑhῑ sekunder “tembok itu putih”. Ketiga, proposisi-proposisi\r\nyang diperoleh melalui ilmu hudlūrῑ di alam mental, karena proposisi ini bersifat intuitif.\r\nKesimpulan, kedua; Dengan berbagai permasalahan yang muncul dalam era\r\nkontemporer, yang merupakan warisan dari paradoks-paradoks modern dan posmodern,\r\nberujung munculnya sikap skeptis terhadap kemodernan, termasuk skeptis terhadap\r\nkemampuan akal untuk mencari kebenaran (defaitisme postmodern). Sebagai kontribusi\r\ndari permasalahan tersebut, dasar-dasar epistemologi dalam filsafat Islam menurut\r\nMishbah Yazdi, menawarkan adanya kemungkinan bahwa manusia mampu memperoleh\r\npengetahuan atau kebenaran mutlak yang bisa diperoleh oleh manusia melalui akalnya.\r\nSalah satunya adalah dengan ilmu hudlūrῑ, bahwa pengetahuan itu adalah bersifat\r\nafirmatif, karena dia self evident (badῑhῑ). Serta melalui pengetahuan huṣūlῑ yakni melalui\r\ntaṣawwūr dan tashdiq-nya manusia dengan peran akal-nya mampu memperoleh\r\npengetahuan yang mandiri, yang tidak bisa didetrminasi oleh alam yang sifatnya relatif.\r\n"^^ . "2014-08-26" . . . . "UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM.1220510028"^^ . "M. ALFAN SIDIK "^^ . "NIM.1220510028 M. ALFAN SIDIK "^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Text)"^^ . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Text)"^^ . . . "1220510028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #15136 \n\nEPISTEMOLOGI MUHAMMAD TAQI MISHBAH YAZDI\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .