TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si. ID - digilib15143 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15143/ A1 - FENI RISAL ALALA , NIM. 07420072 Y1 - 2014/12/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gradasi materi yang ada di dalam LKS Bahasa Arab Star Shaleh yang disusun oleh Fatchiyah dkk dan untuk menetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki LKS Bahasa Arab Star Shaleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan menerapkan pola fikir induktif yaitu proses berfikir dengan mengorganisasikan hasil pengamatan yang terpisah-pisah menjadi suatu rangkaian yang berhubungan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kepustakaan.. Adapun sumber data primer LKS Bahasa Arab Star Shaleh semester ganjil dan genap. Kesimpulannya adalah: 1) Penyusunan gradasi pembelajaran Bahasa Arab di dalam LKS Star Sholeh menerapkan tiga hal yaitu dasar gradasi berdasarkan tujuan penguasaan empat kemampuan berbahasa untuk tingkat pemula , jenis gradasi yang digunakan adalah gradasi putar dan gradasi fungsional-nosional, dan kriteria gradasinya dimulai dengan urutan materi dari hal yang sederhana yang memiliki karakteristik dasar yang kemudian pada materi lanjutannya dikembangkan dan dijelaskan secara lebih komplek . 2) Kelebihan dari LKS Star Shaleh adalah pemaparan empat maharah bahasa Arab yang runtut dan bertahap, latihan soal yang variatif dan pemaparan tarkib/tata Bahasa Arab yang bertahap dan berkelanjutan. Sedangkan kelemahannya adalah indikator pembelajaran tidak dicantumkan secara eksplisit dan kosakata yang tidak mencakup kata kerja. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Gradasi KW - Materi Pembelajaran KW - Model Pembelajaran M1 - skripsi TI - GRADASI MATERI DALAM LKS BAHASA ARAB STAR SHOLEH KELAS VII KARYA FATCHIYAH FITRIYAH DKK AV - restricted EP - 140 ER -