%0 Thesis
%9 Skripsi
%A FARDHILAH  , NIM.  10416008 
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN 
%D 2014
%F digilib:15146
%I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
%T    VARIASI PENERAPAN STRATEGI DOT CONNECTING   DALAM PENINGKATAN DAYA INGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI HURUF HIJAIYAH DI TK PERTIWI 27 JAMBIDAN BANGUNTAPAN BANTUL   YOGYAKARTA   
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15146/
%X FARDHILAH Penerapan Strategi DOT CONNECTING dalam Peningkatan Daya Ingat Siswa dalam Pembelajaran Materi Huruf Hijaiyah di Kelas B1 TK Pertiwi 27 Jambidan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.   Skripsi.Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013   Latar belajar masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran materi Huruf Hijaiyah pada kelas B1 TK Pertiwi 27 Jambidan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta ini masih kurang aktif, karena masih terdapat berbagai permasalahan dalam pembelajaran membaca, mengingat atau menghafal huruf-huruf terutama huruf hijaiyah, serta penyampaian guru masih satu arah, siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga kurang menarik minat siswa. Maka perlu dilakukan penelitian untuk perbaikan kualitas pembelajaran, dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan daya ingat siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi dot connecting dalam variasi penerapan strategi dot connecting dalam peningkatan daya ingat siswa kelas B1 setelah strategi tersebut diterapkan.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Dot Connecting efektif digunakan pada pembelajaran huruf hijaiyah khususnya kelas B1 TK Pertiwi 27 Jambidan, karena strategi dot connecting mampu memberikan pengaruh terhadap peningkatan daya ingat siswa dalam pembelajaran, ditandai dengan siswa menjadi lebih fokus dan aktif terhadap penjelasan guru, siswa juga senang dengan pembelajaran huruf hijaiyah.   Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan daya ingat siswa terlihat pada rasa senang, perhatian, keterkaitan, antusiasme, dan rasa ingin tahu, kemandirian, keberanian, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, dan berani bertanya. Pada aspek peningkatan daya ingat siklus I sebesar 1.7893 kemudian pada Siklus II sebesar 1.9256 hal ini mengalami peningkatan yang tidak terlalu tinggi (sedang). Dengan demikian pada aspek daya ingat mengalami peningkatan.  
%Z Pembimbing :    Prof. Dr. H. Hamruni, M. Si