@phdthesis{digilib15147, month = {August}, title = {EFEKTIFITAS STRATEGI JIGSAW DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SD N NGESONG GIRIMULYO KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, school = {UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10416011 SURATNO }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Prof. Dr. H. Hamruni, MSi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15147/}, abstract = {SURATNO.Efektifitas Strategi Jigsaw dalam Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SD Negeri Ngesong Girimulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai penggunaan strategi jigsaw pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan keaktifan siswa Kelas IV di SD Negeri Ngesong Girimulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif, dengan mengambil judul Efektifitas Strategi Jigsaw dalam Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SD Negeri Ngesong Girimulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan membagikan angket.Analisis data yang digunakan adalah analisa data kuantitatif.Analisa data kuantitatif adalah analisa yang berbasis pada kerja hitungmenghitung angka. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Penggunaan Strategi Jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut : a) Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim. b) Tiap orang dalam tim diberi materi yang berbeda. c) Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan. d) Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dengan kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka. e) Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguhsungguh. f) Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi. g) Guru memberi evaluasi. i) Penutup. 2. Ada pengaruh yang efektif antara strategi jigsaw dalam meningkatkan kreatifitas Siswa SD Negeri Ngesong Girimulyo Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2012/2013. Ini berdasarkan analisa kuantitatif dengan menggunakan rumus product moment diperoleh angka rxy = 0,628 yang menunjukkan hubungan positif, perbandingan besarnya rxyyang diperoleh adalah 0,628, sedangkan rt masing-masing adalah 0,44 (rt signifikan 5\%) dan 0,5 (rt signifikan 1\%). Ternyata bahwa ro lebih besar dari rt baik pada signifikan 5\% maupun pada taraf signifikan 1\%. Karena ro lebih besar daripada rt (baik pada taraf signifikan 5\% maupun pada taraf signifikan 1\%) maka korelasi positif antara strategi jigsaw dan peningkatan kreativitas adalah korelasi positif yang meyakinkan. } }