%0 Thesis %9 Skripsi %A ENI PURWIYATI , NIM. 10416043 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:15150 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA %T “IMPLEMENTASI METODE CERITA BERGAMBAR DALAM PEMAHAMAN MATERI AKHLAK PADA PEMBELAJARAN PAI DI TK PKK EKA PRASETIA KARANG BROSOT TAHUN 2013/2014” %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15150/ %X ENI PURWIYATI. Implementasi Metode Cerita Bergambar Dalam Pemahaman Materi Akhlak Pada Pembelajaran PAI di TK PKK Eka prasetia Karang Brosot Tahun 2013/ 2014. Skripsi . Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran bercerita pada kelompok B TK PKK Eka prasetia Karang ini masih kurang berhasil, karena penyampaian guru hanya monoton dan memberi tugas kepada sisw , sehingga siswa merasa cepat capek dan tidak tertarik dengan penjelasan guru dan ketika pembelajaran, siswa hanya ramai , tidak tertarik dengan pembelajaran bercerita. Ada metode untuk memperbaharui kualitas pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman materi akhlak . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas [ PTK ] yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode cerita bergambar dalam pembelajaran bercerita dan meningkatkan pemahaman siswa kelompok B setelah media tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang TK PKK Eka prasetia, Karang Brosot, Galur, Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkapkan. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkapkan data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup [ 1] Perencanaan, [2 ] Pelaksanaan, [ 3 ] Observasi, [4] Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: Media Buku Cerita Bergambar efektif digunakan pada pembelajaran bercerita, khususnya siswa kelompok B TK PKK Eka prasetia, Karang, Brosot, Galur, Kulon Progo, hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan pemahaman akhlak siswa. Mereka tertarik, antusias ingin tahu. Pada pemahaman akhlak siswa dapat dilihat dari observasi peserta didik menjadi 1,77, pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 1,97. Dengan demikian pemahaman materi akhlak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya %Z Pembimbing : Dr. Usman, Ss. M. Ag, selaku