%0 Thesis
%9 Skripsi
%A SRI MULARSIH ,  NIM. 10416004
%B PERPUSTAKAAN
%D 2014
%F digilib:15196
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K pendidikan akhlak
%P 88
%T KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN  (STUDI SURAH LUQMAN AYAT 13-19 DALAM TAFSIR AL-AZHAR  KARYA HAMKA)  
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15196/
%X Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya perkembangan  tehnologi meningkatkan nilai, sikap dan tingkah laku individu baik di lingkungan  masyarakat maupun di lingkungan sekolah. Karena perkembangan tehnologi tersebut  lebih efektif dan efisien, namun kenyataannya perkembangan tehnologi tersebut  membawa dampak negatif baik di lingkungan masyarakat maupun sekolah. Maka  berdasarkan latar belakang di atas, penulis merasa perlu menengok bagaimana konsep  pendidikan akhlak dalam surat Lukman ayat 13-19, dengan pokok permasalahannya  adalah: bagaimana penerapan konsep tersebut di atas dalam pendidikan agama Islam di  sekolah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan akhlak  dalam surat Lukman ayat 13-19 menurut Tafsir Al-Azhar, dan bagaimana cara penerapan  konsep tersebut di atas dalam Pendidikan Agama Islam di sekolah.  Penelitian ini adalah Al-Qur’an surah Lukman ayat 13-19 Menurut HAMKA  dalam Tafsir Al-Azhar. Metode penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan  fenomenologis, dengan sumber data primer: Surah Lukman ayat 13-19 dalam Tafsir Al-  Azhar, dan sekunder: buku-buku pendukung.  Analisis yang digunakan adalah analisis isi dan ditafsirkan dengan menggunakan  metode tahlili. Analisis terhadap nilai-nilai pendidikan akhlak dalam surat Lukman ayat  13-19 adalah: Bahwa ternyata dalam ayat-ayat tersebut terdapat beberapa hal yang  memberikan pesan nilai-nilai akhlak. Diantaranya nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap  Allah SWT, nilai-nilai akhlak terhadap kedua orang tua dan nilai-nilai akhlak terhadap  sesama.  Hasil penelitian menunjukkan: 1) Konsep pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an  Surat Luqman ayat 13-19 menurut Tafsir Al-Azhar karya HAMKA dapat disimpulkan  bahwa sebagai seorang muslim kita harus menjauhkan diri dari perbuatan syirik,  senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dan kepada kedua orangtua. Luqman  memberikan modal hidup kepada anaknya yaitu agar mendirikan mendirikan shalat, amar  ma’ruf nahi munkar, sabar, jangan sombong, menundukkan pandangan, dan melunakkan  suara. 2) Penerapan konsep pendidikan akhlak Surat Luqman ayat 13-19 dalam  pendidikan agama islam di sekolah adalah dengan menjelaskan kepada peserta didik  bahwa nasihat Luqman kepada anaknya merupakan kisah dalam Al-Qur’an yang harus  dijadikan teladan bagi semua. Dijelaskan mengenai kewajiban meng-Esa-kan Allah SWT,  bersyukur kepada Allah SWT dan kedua orangtua. Menerapkan pada peserta didik  kebiasaan rendah hati, bicara yang baik dan benar, serta bergaul dengan sopan pada  sesama.  
%Z Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami, MA,